Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaAcehPemerintah Aceh Siagakan Sekretariat COVID-19 untuk Data dan Informasi

Pemerintah Aceh Siagakan Sekretariat COVID-19 untuk Data dan Informasi

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, memastikan sekretariat pencegahan dan penanganan Coronavirus Disiase (COVID-19) akan menjadi pusat informasi satu pintu.

Dengan demikian, dipastikan sekretariat terus bergerak selama 24 jam dengan fasilitas yang disiapkan berupa call centre, ruang media, teleconference dari BPBA dan Diskominsa, serta perkembangan data terbaru dalam bentuk angka (statistik).

“Data yang meng-update Dinas Kesehatan, mulai dari rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Banda Aceh, Rumah Sakit Cut Meutia Lhokseumawe, dan data dari seluruh kabupaten/kota,” kata Sunawardi kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu (21/3/2020).

Data yang diupdate, kata Sunawardi, akan diinformasikan kepada masyarakat setiap hari melalui juru bicara Pemerintah Aceh yang ditunjuk menjadi jubir COVID-19.

“Data akan diupdate sehari dua kali, pagi dan sore,” ujarnya.

Dijelaskannya, sekretariat yang dijalankan sebagai langkah cepat Pemerintah Aceh menangani COVID-19 yang berpusat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

“Sekretariat ini menjadi pusat informasi satu pintu yang diperintah langsung oleh Pak Gubernur,” ujar Sunawardi.

Selain itu, pembukaan sekretariat di BPBA merupakan tindaklanjut SK Gubernur Aceh Nomor 440/924/2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Aceh.

Sekretariat COVID-19 di Aceh dipastikan juga akan melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk dengan sub-sekretariat COVID-19 yang disediakan masing-masing SKPA.

“Semua terlibat, termasuk Kesbangpol Aceh yang ikut terlibat dalam pemantauan orang asing. Begitu juga peran SKPA lainnya,” ujar Sunawardi. (ria/i)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER