Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaPembangunan Jalan 3 Desa di Aceh Selatan Sejahterakan Petani

Pembangunan Jalan 3 Desa di Aceh Selatan Sejahterakan Petani

Tapaktuan (Waspada) – Pembangunan jalan yang menghubungkan tiga desa di Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membawa kesejahteraan bagi petani Desa Malaka.

Abdul Malik, 48, seorang petani asal Desa Malaka, Kluet Tengah, Aceh Selatan, Sabtu (16/02/2019), mengatakan pembangunan jalan ini sangat bermanfaat bagi petani.

“Sangat bermanfaat bagi masyarakat dan petani. Dengan jalan ini bisa mempermudah membawa hasil panen seperti padi, jagung dan kemiri ke kota dengan motor,” katanya.

Sebelum dibuat jalan, jelasnya, petani membawa hasil panen  berjalan kaki dengan memikul satu karung padi dari sawah hingga ke kota memakan waktu selama 15 menit.

“Sebagian petani minta bantu kepada masyarakat setempat diberi honornya 10.000 per/karung untuk bawa hasil panen ke kota. Kami ucapkan terimakasih kepada Kodim Aceh Selatan karena jalan ini mempermudah kami petani,” jelasnya.

TMMD Bangun Jalan dan Rumah Warga

Sematara itu, Kodim Aceh Selatan, Letkol Inf R. Sulistiya Herlambang HB, mengatakan, dalam TMMD 104 akan membuka akses jalan sepanjang 2300 meter yang menghubungkan tiga desa, yakni Malaka, Koto dan Gampong Sawah, Kluet Tengah, Aceh Selatan.

“Ini baru pra TMMD, pengerjaan pembukaan akses jalan sudah sepanjang 650 meter.Tujunnya agar tingkat perekonomian warga meningkat dan mempermudah membawa hasil panen, dengan motor atau mobil,” ujarnya.

Selain itu, Dandim Aceh Salatan juga mengatakan, mereka membangun empat rumah warga yang tidak layak huni di Desa Koto, Malaka, Jambo Pepen, serta Gampong Sawah, Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

“Kita mengerahkan 150 prajurit TNI Aceh Selatan, angkatan darat, laut. Dan dibantu oleh masyarakat setempat serta polisi,” tandanya.(Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER