Selasa, Maret 5, 2024
Google search engine
BerandaAcehOptimis, KONI Aceh Targetkan 60 Emas di PON Aceh-Sumut 2024

Optimis, KONI Aceh Targetkan 60 Emas di PON Aceh-Sumut 2024

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menargetkan 60 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

Wakil ketua KONI Aceh, Bachtiar Hasan, mengatakan hal itu dalam kegiatan bertajuk PON XXI Aceh – Sumut 2024 Siapkah Kita ? digelar oleh Aceh Resource and Development, berlangsung di Moorden Cafe, Pango Banda Aceh, Selasa (17/10/2023).

Dia melanjutkan pemerintah Aceh sudah memberikan dukungan penuh untuk persiapan atlet-atlet Aceh. Anggaran yang diberikan pemerintah Aceh sebesar Rp32 Miliar untuk pelatihan daerah (Pelatda) selama 5 bulan dengan dua model pelaksanaan, yaitu sentralisasi terpusat dan desentralisasi. Pelatda dimulai sejak 15 Februari hingga 16 Juli 2023.

“Setelah itu, atlet dikembalikan ke pengprov masing-masing untuk berlatih mandiri. Kami harapkan mereka tetap menjaga kondisi dan motivasi,” ucap Bachtiar.

Ia mengatakan bahwa anggaran paling banyak alokasinya untuk penginapan, akomodasi dan konsumsi, yang menelan dana hampir Rp20 miliar. Ia menambahkan bahwa pihak KONI sedang menunggu dana APBA Perubahan untuk dapat melanjutkan pelatihan.

Bachtiar Hasan juga menyampaikan bahwa selama Pelatda 5 bulan, atlet-atlet Aceh sudah dikirim ke kejuaraan nasional (Kejurnas) dan berhasil meraih prestasi membanggakan.

“Ada 30 cabang yang mengikuti Kejurnas, dan seluruhnya mendapat medali. Jumlah medali sebanyak 42 emas, 28 perak, 38 perunggu,” ujarnya.

Bachtiar menambahkan, target 60 medali emas dan 10 besar merupakan prestasi yang harus dicapai oleh Aceh. Pasalnya, selama ini Aceh belum pernah menunjukkan hasil maksimal di ajang PON.

“Kami berharap atlet-atlet kita bisa berjuang dengan semangat dan mengharumkan nama Aceh di kancah nasional,” tutur Bachtiar. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments