Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaOlahraga Pacuan Kuda Icon Wisata Aceh Tengah

Olahraga Pacuan Kuda Icon Wisata Aceh Tengah

Takengon (Waspada Aceh) – Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, menyatakan kegiatan pacuan kuda tradisional yang telah berlangsung secara turun temurun merupakan salah satu daya tarik dan menjadi icon wisata di Aceh Tengah, selain pesona Danau Laut Tawar.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah terus membenahi sarana dan prasarana penunjang  pacuan kuda guna memberikan kenyamanan kepada seluruh penonton,” kata Firdaus di Lapangan Blang Babengka, Takengen, Senin, (17/9/2018).

Dijelaskannya, pacuan kuda ini terdiri dari beberapa kelas bahkan ada golongan kuda berpostur kecil hingga besar. Jumlah kuda yang diperlombakan sendiri hingga satu minggu ke depan yakni sekitar 350 ekor, berasal dari kabupaten dataran tinggi Gayo-Alas.

“Kita juga terus melakukan inovasi agar kegiatan budaya yang tidak ada di daerah lainnya ini dapat menarik banyak wisatawan ke Aceh Tengah sehingga perekonomian masyarakat di sini bisa meningkat,” katanya.

“Kita bersyukur atas perhatian dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh yang telah menghadirkan kebijakan pengembangan wilayah Gayo dan Alas melalui Gamifest 2018. Kita sangat berkeyakinan kegiatan ini akan memberikan manfaatkan kepada masyarakat,” katanya.

“Saya berharap agar pada kegiatan pacuan kuda ini jangan ada terjadi pelanggaran syariat Islam. Jangan ada maisir atu judi, karena hal itu bertentangan dengan agama dan adat istiadat,” tambah Firdaus.

Pemkab setempat melalui Satpol PPWH Aceh Tengah memperingatkan, setiap aktifitas yang mengarah kepada perbuatan perjudian /taruhan (maisir) diancam dengan uqubat ta’zir berupa cambuk, denda dan penjara. (CB01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER