Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaNasionalMasjid Syeikh Azlin Palestina Karya Ridwan Kamil Sudah Digunakan untuk Tarawih

Masjid Syeikh Azlin Palestina Karya Ridwan Kamil Sudah Digunakan untuk Tarawih

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Masjid Syeikh Azlin di Gaza, Palestina, karya arsitektur Ridwan Kamil, yang juga Gubernur Jawa Barat, kini sudah digunakan untuk shalat tarawih pada Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil lewat Instagram pribadinya, Selasa (4/4/2023). Dari video yang ia unggah, masjid tersebut telah rampung dan mulai digunakan masyarakat.

“Masjid Gaza Palestina sudah dipakai tarawih lagi. Alhamdulillah Masjid Syekh Azlin, yang hancur di tahun 2014 oleh serangan bom Israel, sekarang sudah kembali berdiri tegak,” tulis Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

“Dan ini adalah Ramadhan pertama masyarakat di wilayah itu untuk bisa beribadah dengan afdal, setelah delapan tahun shalat selalu menggunakan tenda darurat,” tuturnya.

Untuk diketahui, masjid tersebut merupakan wakaf dari masyarakat Indonesia yang dikelola oleh lembaga kemanusiaan Aman Palestina.

“Semua berkat donasi dari para donatur institusi, pribadi dan netizen Indonesia yang digalang melalui @amanpalestin. id,” ujarnya.

Kang Emil terlibat dalam mendesain masjid tersebut. Ia bercerita, saat itu ia memberikan dua pilihan desain bagi masyarakat di sana. Yakni, desain berkubah dan modern.

“Ternyata masyarakat Gaza, Palestina, justru memilih desain yang modern sebagai simbol kemajuan dan keberanian,” katanya.

Kang Emil menjelaskan desain masjid tiga lantai ini dari luar memiliki tiga bidang memiliki makna tiga bulan sabit jika dilihat dari atas yang artinya habluminallah, habluminannas, dan habluminal alam.

“Semoga dukungan kita kepada Palestina selalu menyala dengan berbagai bentuknya baik diplomasi politik, kemanusiaan maupun dakwah keumatan. We always love and support you dear Palestine,” jelasnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments