Sabtu, Juli 20, 2024
Google search engine
BerandaProfilMarwan Nusuf Raih SMSI Award 2023 Sebagai Sosok Peduli Keterbukaan Informasi

Marwan Nusuf Raih SMSI Award 2023 Sebagai Sosok Peduli Keterbukaan Informasi

Takengon (Waspada Aceh) – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh (Kominsa) Marwan Nusuf berhasil meraih penghargaan sebagai sosok peduli keterbukaan informasi publik dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Aceh, pada malam Anugerah SMSI Aceh Award 2023, yang digelar di Hotel Parkside Petro Gayo Takengon, Senin malam (8/5/2023).

Penghargaan ini diberikan oleh Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus didampingi Ketua SMSI Aceh, Aldin NL, yang diterima langsung Kadiskominsa Aceh, Marwan Nusuf.

Marwan diberikan penghargaan karena telah konsisten melakukan berbagai terobosan demi tersampaikannya informasi kepada publik. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk inovasi, melakukan sejumlah strategi dan menguatkan kolaborasi dengan berbagai pihak agar pelayanan informasi publik berjalan optimal.

Menurut sosok ini, dapat mudah mengakses informasi merupakan hak dari setiap warga negara. Hal ini agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka dan transparan.

Adapun, macam-macam terobosan, Marwan Nusuf telah melakukan upaya dalam bentuk komitmen pelaksanaan keterbukaan informasi publik dari 2017-2023, yakni, melakukan pemutakhiran dasar hukum sesuai konteks kekinian, menyiapkan sarana dan prasarana untuk memudahkan pelayanan informasi publik secara manual maupun online.

Selanjutnya, melakukan pertemuan rutin dengan tim PPID di lingkungan Pemerintah Aceh dan kabupaten atau kota, mengupayakan peningkatan fasilitas bagi komisi informasi Aceh, mulai menyediakan akses informasi publik bagi disabilitas, berkolaborasi dengan pihak akademisi, media, LSM, komunitas dan seniman.

Selain itu, membantu menyiapkan PPID
Gampong serta meningkatkan kolaborasi
dengan menyediakan konten informasi
publik, mudah dipahami dan gampang
diakses oleh masyarakat terutama warga
milenial dan ramah bagi kaum
disabilitas.

Melihat berbagai strategi yang telah dijalankan, nama Marwan Nusuf dijaring oleh tim Pansel sebagai penerima penghargaan kategori sosok peduli keterbukaan informasi publik. Marwan Nusuf merupakan satu diantara 13 tokoh dan dua lembaga yang menerima penghargaan dari SMSI Aceh.

Lalu, siapa sebenarnya Marwan Nusuf yang saat ini menjabat sebagai Kadiskominsa?

Nama lengkapnya adalah Marwan Nusuf, lahir di Gampong Baro, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie pada 21 Mei 1971. Dalam bidang pendidikan, ia pernah bersekolah di SD Negeri 1 Kota Bakti Pidie, SMP Negeri 1 Kota Bakti Pidie, SMA Negeri 1 Bireuen dan menyelesaikan S1 Bidang Komunikasi dengan gelar Bachelor of Human Science (B. HSc) di International Islamic University Kuala Lumpur Malaysia.

Kemudian, Marwan melanjutkan S2 Media Studies dengan gelar Master of Arts (MA) dari University of Malaya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER