Beranda Aceh Majelis Taklim Bangun Masjid di Blang Beurandang, Aceh Barat

Majelis Taklim Bangun Masjid di Blang Beurandang, Aceh Barat

BERBAGI
Peletakan batu pertama pembangunan masjid MTXL di Aceh Barat. (Foto/Ist) 

Aceh Barat (Waspada Aceh) – Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yang merupakan wadah donasi bagi karyawan XL Axiata membangun masjid di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Selain masjid di Aceh, MTXL juga menyalurkan sarana air bersih ke daerah lain.

Pada Oktober 2021 ini, wakaf karyawan tersebut diwujudkan dalam sejumlah kegiatan, antara lain berupa pembangunan masjid di Kabupaten Aceh Barat dan penyediaan sarana air bersih di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Selanjutnya, pembuatan jembatan di kampung nelayan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

”MTXL Axiata berupaya memfasilitasi karyawan dan pimpinan khususnya yang beragama Islam untuk mendonasikan sebagian rizkinya membantu mencarikan jalan keluar bagi permasalahan masyarakat di berbagai daerah,” kata Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

“Bagaimanapun juga, kami karyawan selama ini hidup di tengah masyarakat dan mengetahui beberapa problematika sosial yang muncul,” katanya.

Karena itu pula, menurutnya, sudah seharusnya MTXL siap untuk membantu mancarikan jalan keluar atas problem sosial yang dihadapi masyarakat sesuai dengan kemampuannya.

Pada Sabtu (16/10/2021) kemarin, Ketua MTXL Axiata melakukan peletakan batu pertama pembangunan wakaf masjid di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Dana pembangunan masjid yang berukuran 19 meter x 21 meter ini sepenuhnya berasal dari donasi karyawan XL Axiata. Untuk mewujudkan pembangunan ini, XL Axiata bekerjasama dengan Yayasan Rumah Zakat Indonesia. Pembangunan diperkirakan selesai pada bulan April 2022.

Manajemen dan karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar berbagai aksi sosial guna merayakan HUT ke-25 tahun perusahaan. Melalui program “XL Axiata Baik,” aksi sosial dilaksanakan di berbagai daerah dalam beragam bentuk, mulai bedah rumah warga, hingga donasi akses internet dan laptop untuk pesantren.

Sementara itu, melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), donasi karyawan juga disalurkan berupa sejumlah fasilitas umum bagi masyarakat di beberapa daerah. Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2021 dan diperkirakan akan rampung pada Juni 2022.

”XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat melalui program-program CSR yang berkelanjutan melalui Program XL Axiata Baik yang telah berjalan selama sekitar setahun terakhir. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia kami tidak mungkin menutup mata atas adanya berbagai persoalan sosial yang dihadapi masyarakat, dan untuk itu kami dan karyawan ingin selalu bisa membantu,” kata Chief Human Capital Officer XL Axiata, M Hira Kurnia.

Hira Kurnia menambahkan, manajemen XL Axiata mencoba menggalang dana dari karyawan untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.

Keterlibatan karyawan dalam program CSR juga berupa secara sukarela mengerahkan tenaga dan waktu dalam aksi sosial, serta mengajarkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki kepada komunitas-komunitas masyarakat yang membutuhkan.

Beberapa aktivitas CSR dalam XL Axiata Baik lain yang dilakukan karyawan selama tahun 2021, seperti donor darah konvalesen untuk penyitas Covid-19, relawan pada Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Depok, dan RSUP H Adam Malik, Medan. Selain itu juga edukasi dan donasi ke yayasan edukasi/non profit di berbagai daerah. (sulaiman achmad)

BERBAGI