Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaKhawatir Virus Corona, Saudi Batasi Khutbah Jumat Tak Lebih 15 Menit

Khawatir Virus Corona, Saudi Batasi Khutbah Jumat Tak Lebih 15 Menit

Makkah — Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, otoritas Arab Saudi mengeluarkan peraturan yang membatasi durasi pelaksanaan shalat Jumat.

Dalam surat edaran yang diterbitkan Kementerian Urusan Islam Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi, para khatib diminta mengurangi waktu khutbah tidak lebih dari 15 menit.

Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Urusan Islam Dakwah dan Bimbingan Abdullatif bin Abdulaziz Al Sheikh, menekankan kepada semua khatib masjid agar mengurangi durasi khutbah Jumat, menjadi tidak melebihi 15 menit.

Arab Saudi juga mengurangi waktu tunggu antara azan dan iqamah menjadi 10 menit untuk semua pelaksanaan lima shalat fardhu.

Sedangkan berkaitan dengan takjil buka puasa di bulan Ramadhan nantinya, sejumlah kegiatan di bulan Ramadhan, dilarang iktikaf di dalam mushala dan masjid. Juga melarang membawa makanan ke dalam masjid, baik berupa kurma atau lainnya.

Arab Saudi juga telah menutup akses darat dan laut dari dan ke Kesultanan Oman, Uni Emirat Arab, Turki, Prancis, Mesir, Spanyol, Jerman, Kuwait, Bahrain, Suriah, Libanon, Irak, Korea Selatan, dan Italia.

Sejauh ini, Arab Saudi mencatat ada 15 kasus virus Corona terjadi di negara tersebut. Terbaru, seorang warga Amerika Serikat dinyatakan positif Covid-19 di Saudi. Pria AS itu diketahui sempat bepergian ke Filipina dan Italia sebelum tiba di Saudi. (cnnindonesia.com)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER