Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaKepala BI Lhokseumawe: Polemik APBA Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Kepala BI Lhokseumawe: Polemik APBA Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Lhokseumawe (Waspada Aceh) – Terlambatnya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA/APBD), maka berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut dan lemahnya perputaran uang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Yufrizal, Kamis (21/6/2018) mengatakan,  pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,06 persen,  sementara untuk pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh hanya mencapai 3,34 persen.

“Apabila kita merujuk pada data tersebut, maka pertumbuhan ekonomi Aceh berada di bawah nasional. Hal itu disebabkan karena persoalan polemik APBA yang terlambat disahkan dan berpengaruh ke berbagai sektor,” ujar Yufrizal.

Yufrizal menambahkan, dengan terlambatnya pengesahan APBA itu, maka sejumlah dana tidak bisa dicairkan. Hal itu mengakibatkan lemahnya perputaran uang di Aceh,  sehingga ekonomi tidak bisa tumbuh dengan baik. Apalagi sektor ekonomi Aceh hanya bergantung pada APBA.

Apabila dibandingkan dengam provinsi lain di Sumatera,  maka Provinsi Aceh menempati urutan ketiga dengan pertumbuhan perekonomian yang paling rendah. Hal tersebut harus menjadi perhatian penting semua kalangan.

“Untuk saat sekarang ini perekonomian Aceh hanya bergantung pada APBA saja. Apabila APBA itu telah disahkan maka langsung berdampak terhadap perekonomian dan perputaran uang di Aceh, ” tutur Yufrizal. (b.01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER