Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaKemarau Landa Gayus, Bupati Amru Ajak Warga Hindari Pemicu Kebakaran

Kemarau Landa Gayus, Bupati Amru Ajak Warga Hindari Pemicu Kebakaran

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Gayo Lues, Aceh, telah menyebabkan terjadinya rawan kebakaran terhadap lahan kebun milik warga dan areal hutan di kabupaten tersebut.

Untuk itu Bupati Amru mengimbau kepada warganya agar menjauhi setiap aktifitas yang dapat memicu kebakaran kebun dan hutan. Misalnya tidak sembarang membakar sampah, tidak membuang puntung rokok sembarangan atau aktifitas lain yang dapat memicu kobaran api.

Sementara itu, bupati juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat istiqah, sholat meminta hujan. Jumat pagi tadi, memang dikabarkan kabupaten ini telah diguyur hujan.

“Kita sudah melakukan sholat istiqah secara bersama sama. Kita serukan warga juga di desa-desa melakukan hal yang sama, meminta pertolongan Allah SWT untuk menurunkan hujan,” kata Bupati Gayo Lues, H.Muhammad Amru, kepada Waspadaaceh.com, Jumat pagi tadi (31/8/2018).

“Beberapa menit lalu saya mendapat informasi, telah turun hujan di Gayo Lues, Alhamdulillah. Tapi saya tidak melihatnya langsung, karena saat ini sedang berada di luar daerah,” lanjut Amru melalui pesan WhatsApp.

Mantan jurnalis ini menambahkan, dilema kemarau panjang yang terjadi di Gayo Lues, adalah bahaya kebakaran, baik kebakaran rumah, kebun mau pun kebakaran hutan. Karena pohon dan daun-daun sudah mulai layu dan kering, sehingga mudah terbakar. Terkadang ada saja yang bertindak semberono, dengan membakar sampah di kebunnya, yang kemudian memicu kebakaran areal kebun yang ada di sekitarnya.

“Tak jarang areal kebun sere wangi pun ikut terbakar, begitu juga tanaman kebun lain dan hutan di sekitar. Sekali lagi saya mengimbau untuk menghindari aktifitas apa pun yang dapat memicu kebakaran kebun dan hutan,” kata Muhamamd Amru. (b.01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER