Kamis, April 18, 2024
Google search engine
BerandaAcehKabut Asap dari Riau Selimuti Wilayah Aceh Selatan, Camat dan UPTD Labuhanhaji...

Kabut Asap dari Riau Selimuti Wilayah Aceh Selatan, Camat dan UPTD Labuhanhaji Bagikan Masker

Tapkatuan (Waspada Aceh) – Wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (22/9/2019), diselimuti asap tebal yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau yang terjadi hingga sekarang.

Mengatasi bahayanya kabut asap yang menyeberang di wilayah Aceh Selatan itu, Camat Labuhanhaji Tengah, berkerja sama dengan UPTD Puskesmas Labuhanhaji membagikan masker untuk pengguna jalan.

Camat Labuhanhaji Tengah, Gusmawi Mustafa, mangatakan, cuaca di wilayah Labuhanhaji dan disekitarnya sejak pagi hingga sore mulai redup diselimuti asap lumayan tebal. Oleh karena itu pihaknya membagikan masker.

Berita Terkait: Kabut Asap di Medan Semakin Mengkhawatirkan, Mulai Masuk Aceh

“Masker kita bagikan di depan kantor Camat Labuhanhaji Tengah dan Puskesmas. Kita lakukan untuk kenyamanan penguna agar tidak terhirup asap yang berbahaya bagi kesehatan,” katanya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, saat dikonfirmasi Waspadaaceh.com menyampaikan, kabut asap sudah melanda beberapa kecamatan wilayah Aceh Selatan. Termasuk di Labuhanhaji.

“Kabut asap diperkirakan berasal dari Riau dan Jambi, akibat Karhutla yang terjadi di sana,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Kepala Dinas Kesehatan telah menginstruksikan UPTD Puskesmas di seluruh Aceh Selatan bergerak cepat dan siaga dalam penyediaan masker dan pelayanan gangguan pernafasan jika terdapat keluhan masyarakat.

Menurutnya, kondisi ini diperkirakan akan berubah-ubah sebagaimana arah angin dan juga curah hujan.

“Bila kondisi asap semangkin menebal, supaya masyarakat memakai masker sebagai langkah menghindari terhirup langsung asap yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Terutama orang tua, anak-anak, ibu hamil dan orang dalam keadaan sakit,” pungkasnya.(Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER