Selasa, Maret 5, 2024
Google search engine
BerandaAcehInovasi Gampong Aceh Dorong Kemajuan Melalui Teknologi Tepat Guna

Inovasi Gampong Aceh Dorong Kemajuan Melalui Teknologi Tepat Guna

Aceh Besar (Waspada Aceh) – Kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-24 Tingkat Provinsi Aceh telah resmi dimulai di kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, yang akan berlangsung 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

Kegiatan ini merupakan event bergengsi tingkat Provinsi Aceh dengan tema Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting Melalui Pemanfaatan Alat Teknologi Tepat Guna, yang dibuka Selasa malam (30/5/2023), oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Mawardi, mewakili Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, mengungkapkan harapannya perhelatan Teknologi Tepat Guna ini menjadi motivasi bagi semua pihak dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi tepat guna.

Dia mengharapkan pengembangan teknologi dapat meningkatkan ketahanan pangan serta berkontribusi dalam penurunan angka stunting.

“Harapan bersama melalui pelaksanaan gelar Teknologi Tepat Guna ini adalah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan. Acara ini juga mengedepankan teknologi berbasis sederhana yang mudah diterapkan oleh masyarakat gampong,” kata Ismanto.

Dia menyebutkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menemukan alat-alat teknologi guna menunjang ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PMG) Provinsi Aceh, Zulkifli, menyampaikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah berpartisipasi dalam event tersebut.

“Dengan dilaksanakannya TTG ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memajukan sektor pertanian, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan mewujudkan kemandirian serta kesejahteraan di gampong-gampong Aceh,” katanya.

Selama acara pembukaan, diumumkan juga juara lomba Inovasi Alat-alat TTG dan Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023. Lomba TTG Unggulan dimenangkan oleh Faisal (Aceh Besar) sebagai juara I, Bustanil Suwardi (Nagan Raya) sebagai juara II, dan Suarli Khutni (Aceh Besar) sebagai juara III.

Sementara itu, lomba Posyantek terbaik diraih oleh Zarkashi Zakaria (Kota Langsa) sebagai juara I, Reza Aulia (Aceh Besar) sebagai juara II, dan Hasbi (Aceh Besar) sebagai juara III. Lomba inovasi alat TTG menghasilkan Khairul (Pidie Jaya) sebagai juara I, Amrizal (Aceh Besar) sebagai juara II, dan Mahyeddin Abubakar (Aceh Utara) sebagai juara III

Untuk lomba gampong terbaik tingkat Provinsi Aceh tahun 2023, gelar juara I, II, III, harapan I, dan harapan II diraih oleh Gampong Mane Tunong Aceh Utara, Gampong Lubok Batee Aceh Besar, Gampong Meunasah Timu Bireuen, Gampong Penyerat Banda Aceh, serta Gampong Cekal Baru Bener Meriah.

Pantauan Waspadaaceh.com, suasana malam tampak ramai di Jantho Sport City saat pembukaan acara. Berbagai stan turut memeriahkan acara ini, menawarkan pameran teknologi dari karya-karya gampong serta inovasi terbaru.

Seperti mesin pencacah sabut kelapa, mesin ekstrak kelapa sawit, mesin pembersih gelas plastik dan lainnya. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menemukan stan kuliner, berbagai kerajinan tangan yang menarik, dan beragam aksesoris yang menarik minat para pengunjung. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments