Senin, Juni 24, 2024
Google search engine
BerandaIni Patut Ditiru: Sisihkan Gajinya, Brigadir Irvan Ciptakan Pustaka Keliling pakai Motor...

Ini Patut Ditiru: Sisihkan Gajinya, Brigadir Irvan Ciptakan Pustaka Keliling pakai Motor Modifikasi

Aceh Utara (Waspada Aceh) – Brigadir Irvan, personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, patut diacungi jempol.

Polisi ini, demi mencerdaskan anak bangsa, dia rela menyisihkan sebagian gajinya untuk memodifikasi motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling di tempat tugasnya. Tujuannya adalah agar anak-anak di desa memiliki kesempatan untuk membaca buku-buku yang tidak bisa dia dapatkan di sekolah. Juga untuk mencegah anak-anak melakukan aktifitas yang kurang bermanfaat, misalnya bermain game dan lainnya.

Brigadir Irvan kepada Waspadaaceh.com, Senin.(24/02/2020) menyebutkan, dia melakukan modifikasi sepeda motor (sepmor) dinas untuk dijadikan perpustakaan keliling dengan memasang sebuah boks besar di belakang motor merupakan inisiatif nya sendiri.

“Didalam boks tersebut saya isi berbagai buku bacaan, seperti buku cerita anak, buku pelajaran dan lainnya. kemudian saya kerap berkeliling untuk menjangkau anak-anak di daerah pedalaman pada waktu luang di antara tugas sebagai polisi,” kata Brigadir Irvan.

Dikatakan, pada awalnya dia disangka oleh anak-anak, sebagai pedagang makanan dan minuman keliling. Karena ada boks seperti yang dipakai orang untuk berjualan
keliling. Setelah boks dibuka dan berisi buku, anak-anak mulai mendekat untuk membaca buku.

Sejumlah anak-anak di pedalaman Kecamatan Langkahan Aceh Utara, manfaatkan waktu untuk membaca buku dari perpustakaan keliling milik Brigadir Irvan. (Foto/Ist)

“Jika saya tidak sibuk dan melihat ada anak-anak yang berkumpul saya langsung singgah dan mengajak mereka untuk membaca buku yang saya bawa. Tujuannya untuk mencerdaskan generasi bangsa Indonesia, karena dengan membaca kita akan pintar dan orang tua kita pasti akan bangga,” ujar Brigadir Irvan.

Sementara Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Langkahan Iptu Samsul Bahri, menyebut, dia selalu memberikan arahan kepada personil Polsek Langkahan, khususnya para Bhabinkamtibmas, untuk selalu dekat dengan masyarakat khususnua anak-anak untuk mencerdaskan generasi bangsa Indonesia.

“Upaya yang dilakukan Brigadir Irvan ini mendapat apresiasi dari Kapolres Aceh Utara. Hal yang dilakukan Brigadir Irvan merupakan ide kreatif dan terobosan sebagai upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat, serta ikut berperan dalam mencerdaskan anak bangsa. Walaupun dengan pola dan cara yang sangat sederhana,” kata Kapolsek. (Riri).

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER