Kamis, Juli 18, 2024
Google search engine
BerandaAnggota DPR RI Illiza: 20 Mahasiswa Aceh di Sudan Kembali ke Tanah...

Anggota DPR RI Illiza: 20 Mahasiswa Aceh di Sudan Kembali ke Tanah Rencong

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Anggota DPR RI Komisi X, Illiza Sa’aduddin Djamal, memfasilitasi 20 mahasiswa asal Aceh yang kuliah di Sudan, terpaksa kembali ke tanah air atau pulang ke Aceh. Mantan Wali Kota Banda Aceh itu menjamin akan segera memberikan solusi konkret terhadap mahasiswa tersebut.

Illiza menyampaikan hal itu setelah menerima kunjungan 20 mahasiswa Aceh yang kembali dari Sudan di Hotel Hanifi, Banda Aceh, Senin (29/5/2023). Mahasiswa itu dipimpin Jefriansyah Padang, asal Subulussalam, mahasiswa semester 5, jurusan Ilmu Hadist di International University of Africa.

“Setelah berkoordinasi dengan Pak Sekda Provinsi, Pak Bus dan Kepala BPSDM Aceh, Pak Syaridin, nanti mereka akan mengurus kuliah anak-anak kita ini. Apakah melanjutkan kuliah di Aceh di mana, apakah di UIN atau di mana. Nanti akan dibantu dan difasilitasi,” kata Illiza kepada wartawan usai pertemuan.

Dia mengungkap bahwa sebagai wakil rakyat dari Aceh, dirinya bertanggungjawab pada 20 mahasiswa ini untuk bisa melanjutkan kuliahnya di Aceh karena tidak mungkin lagi kuliah di Sudan. Seperti diketahui, baru-baru ini, Indonesia telah memulangkan sekitar 40 warga Aceh dari Sudan dan 20 di antaranya mahasiswa, akibat negara itu sedang bergejolak.

Illiza juga menjelaskan setelah komunikasinya langsung dengan Sekda Aceh, Bustami, dan Kepala BKPSDM Aceh, T Syaridin akan membantu sepenuhnya atas nama Pemerintah Aceh. Syaridin juga sudah meminta data masing-masing mahasiswa tersebut termasuk data akademis sebagai syarat untuk pengurusan administrasi.

“Mereka-mereka ini orang hebat, pandai bahasa inggris, bahasa arab dan memahami hadist. Jadi, mereka ini potensi yang dimiliki Aceh, maka akan sangat disayangkan jika kuliah mereka tidak dilanjutkan,” ujarnya.

Sedangkan untuk tempat tinggal, 20 mahasiswa dari berbagai kota di Aceh ini selama pengurusan kuliah baru di Banda Aceh, Illiza menjamin siap memfasilitasi. “Silahkan lapor ke saya segera, jika di Banda Aceh ini butuh tempat tinggal,” katanya.

Jefriansyah Padang, asal Subulussalam, mahasiswa semester 5, jurusan Ilmu Hadist di International University of Africa menjelaskan alasan dia dan teman-temannya meminta bantuan Mantan Wali Kota Banda Aceh ini karena Illiza paling peduli pada dunia pendidikan.

Jefriansyah dan kawan-kawannya berharap meski sudah diselamatkan Pemerintah RI pulang ke tanah air, namun dia berharap kelanjutan pendidikan juga diperhatikan.

“Jadi, ini salah satu kedatangan kami kemari bertemu Buk Illiza agar kuliah kami bisa berlanjut tidak terputus. Alhamdulillah, tadi sudah diusahakan Buk Illiza kita akan lanjut kuliah di Banda Aceh. Kami sangat berterimakasih,” jelasnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER