Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaHeboh Mie Goreng Ganja Khas Aceh, Polda Aceh: Itu Hoaks, Hanya Editan

Heboh Mie Goreng Ganja Khas Aceh, Polda Aceh: Itu Hoaks, Hanya Editan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, menanggapi foto yang beredar di media sosial bertuliskan Mie Goreng Ganja Khas Aceh. Kata Kabid Humas Polda, foto tersebut tidak benar alias hoaks.

“Foto tersebut tidak benar, diedit oleh orang yang tak bertanggungjawab,” kata Kombes Pol Winardy saat dikonfirmasi Waspadaaceh.com, Kamis (17/2/2022).

Sebelumnya, kemunculan foto ini menimbulkan kehebohan setelah beredar luas melalui media sosial. Foto tersebut menggambarkan produk mie instan pada kemasannya bertuliskan Mie Goreng Ganja Khas Aceh.

Winardy menyampaikan, dari hasil penelusuran di Google Image ditemukan gambar aslinya, Indomie Mi Instan Mi Goreng Aceh sebagaimana terlihat pada link https://javanesetaste.com/indomie-instant-noodle-mi-goreng-aceh-90-gram-1-pcs/. Sehingga dapat dipastikan bahwa gambar yang viral di media sosial itu adalah gambar hasil editan (hoaks), kata Winardy.

Polda Aceh memaparkan perbandingan antara gambar asli dan hasil editan tersebut. Winardy mengatakan, gambar asli tidak ada gambar tangan yang sedang memegang mie. Sedangkan gambar editan (hoaks) terlihat gambar tangan yang sedang memegang sebungkus mie.

Kemudian gambar asli bertuliskan Mi Goreng Aceh, sedangkan gambar editan bertuliskan Mi Goreng Ganja. Pada gambar aslinya tertulis Mi Instan kemudian diedit orang yang tidak bertanggungjawab itu menjadi tulisan Mi Herbal.

“Gambar 4 bungkus mie yang berjejer di atas rak adalah hasil copy paste dari gambar editan (hoaks),” jelasnya. (Cut Nauval D)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER