Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaOpiniHarian Waspada Itu Heritage Bagi Indonesia

Harian Waspada Itu Heritage Bagi Indonesia

Harian Waspada telah menjadi alat kontrol sosial atau pengawal jalannya pembangunan, sejak Orde Lama (Orla), Orde Baru (Orba), Era Reformasi, Era Digitalisasi hingga Era Milenial sekarang ini.

 

Oleh Aldin Nainggolan

Tidak semua media mainstream atau media arus utama mampu bertahan di tengah gelombang besar disrupsi informasi yang demikian masif dewasa ini. Satu persatu media cetak—dengan berat hati, menutup media dan menyampaikan ucapan selamat tinggal kepada pembacanya.

Tapi tidak untuk Harian Waspada. Harian tertua di Sumatera ini masih tetap eksis. Lahir sebagai media untuk alat perjuangan, pada 11 Januari 1947, Waspada terus mengabarkan semangat nasionalisme.

Harian Waspada telah menjadi alat kontrol sosial atau pengawal jalannya pembangunan, sejak Orde Lama (Orla), Orde Baru (Orba), Era Reformasi, Era Digitalisasi hingga Era Milenial sekarang ini.

Dalam perjalanan panjang bangsa ini, Harian Waspada tak pernah alpa menggores catatan pahit, manis mau pun catatan buram. Ia menjadi alat kontrol, mengedukasi dan mendidik masyarakat untuk bisa melihat dunia lebih luas.

Harian ini juga memiliki fungsi menghibur agar pembaca tidak terlalu stres menjalani hidup yang juga mengalami pasang surut akibat berbagai faktor.

Karena teramat besar perananan dan keberadaan Harian Waspada, maka di tengah tantangan dan hambatan yang kini dihadapi sebagian media cetak mainstream, dalam tulisan singkat ini, diharapkan semua pihak dan stakeholder berkewajiban mendukung Harian Waspada untuk tetap hidup sepanjang usia republik ini.

Pada milad Waspada ke-76, di Bumi Warta Waspada Medan, Kamis, 11 Januari 2023, sejumlah tokoh penting hadir. Mereka para pemimpin eksekutif di Medan dan Sumatera Utara, yang hadir yakni Edi Rahmayadi (Gubernur) dan Musa Rajekshah atau Ijeck  Wakil Gubernur) serta Wali Kota Medan, Bobby Nasution serta tokoh penting lainnya.

Kehadiran para tokoh di Sumatera Utara ini semakin menegaskan bahwa peranan Harian Waspada masih terlalu penting dalam mengawal perjalanan bangsa ini untuk menjadi lebih baik. Bravo Harian Waspada.

Slamat milad Harian Waspada

  • Penulis adalah jurnalis Harian Waspada yang menjabat sebagai Kepala Perwakilan Waspada Aceh.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments