Minggu, Mei 19, 2024
Google search engine
BerandaHarga Kopi Arabika Gayo Merangkak Naik

Harga Kopi Arabika Gayo Merangkak Naik

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Harga kopi arabika Gayo jenis green bean asalan bergerak naik dalam beberapa bulan terakhir.

Petani kopi dan juga pemilik Coffeeshop Bayakmi Kupi, Maharadi mengatakan, harga kopi arabika gayo jenis green bean asalan naik dari Rp55.000/Kg, menjadi Rp60.000/Kg. Kenaikan harga tersebut, katanya, sejak dua bulan terakhir

Maharadi mengungkapkan, kenaikan harga kopi tersebut juga disebabkan karena kondisi alam yang terjadi di Brazil sebagai pemasok kopi arabika. Kondisi cuaca menyebabkan sebagian besar tanaman kopi di Brazil mengalami gagal panen.

“Salah satu faktor kenaikan harga tersebut diakibatkan negara-negara penghasil kopi seperti Brazil mengalami gagal panen. Hukum pasar berlaku di sini, permintaannya banyak dan barang pun sedikit,” katanya kepada Waspadaaceh.com, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, kenaikan harga kopi lantaran stok atau ketersediaan kopi saat ini mulai menipis. Tambahnya, prediksi jumlah volume kopi yang akan dipanen di Gayo tahun ini berkurang sekitar 30 %. Hal itulah yang menjadi penyebab harga kopi naik. Ditambah dengan permintaan pasokan yang tinggi.

“Kedepan, petani harus punya pengetahuan pengolahan kopi. Sebab dengan begitu nilai jual kopi tinggi, tidak ada lagi petani yang miskin, yang dimiskinkan oleh tengkulak kecil maupun besar,” ujar Maharadi, putra asli Gayo ini. (Cut Nauval d)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER