Selasa, Mei 28, 2024
Google search engine
BerandaAcehHadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Tambah 2 BTS 4G di Ruas Tol...

Hadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Tambah 2 BTS 4G di Ruas Tol Sigli-Banda Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi yang kuat dan berkualitas menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023. Penguatan jaringan dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik penggunaan data selama aktivitas Ramadhan.

XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

“XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan untuk keperluan Ramadhan, maupun libur panjang Lebaran,” Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Rabu (15/3/2023), dalam keterangan tertulis perusahaan.

Biasanya di kedua moment tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan, hingga 30% dibandingkan hari biasa, katanya.

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Ramadan dan Lebaran ini bisa terjadi karena tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Pada kedua momen tersebut, masyarakat Indonesia juga semakin banyak melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka secara online dengan keluarga dan kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak saling bertemu.

Sarana digital menjadi salah satu solusi bagi masyarakat, termasuk pelanggan XL Axiata, untuk menjalin silaturahmi. Selain itu, banyak layanan digital yang menyajikan hiburan dan media sosial yang bisa menjadi sarana bagi masyarakat dan pelanggan untuk mengisi masa liburan panjang.

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadhan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran. Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

“Saat ini, di hari normal biasa, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3 kali dari hari normal,” imbuh Gede.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan.

XL Axiata memiliki sekitar 140 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran.

Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Tran Sumatera lainnya, seperti 7 BTS 4G di ruas Belawan – Medan – Kuala Namu International Airport – Tebing – Indrapura, 3 BTS 4G di ruas Bengkulu – Taba Penanjung, 8 BTS 4G di Pancing (Medan) – Helvetia – Binjai – Stabat, 17 BTS 4G di Pekanbaru – Dumai, dan 2 BTS 4G di ruas Sigli – Banda Aceh.

Penguatan jaringan ini juga sekaligus untuk mendukung program promo Ramadan dan Lebaran yang digelar XL Axiata. Seperti yang dilakukan XL Axiata setiap tahun, pada Program Ramadan dan Lebaran akan ditawarkan berbagai promo menarik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER