Gegara Bakar Sampah, 9 Kios Souvenir dan 1 Rumah Musnah Dilalap Api di Aceh Besar

    BERBAGI
    Sembilan kios kerajinan rotan dan satu unit rumah warga yang terletak di Gampong Lam Gaboh, Kecamatan Lhoknga, Rabu (28/7/2021), terbakar. (foto/ist).

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sembilan kios souvenir kerajinan rotan dan satu unit rumah warga yang terletak di Gampong Lam Gaboh, Kecamatan Lhoknga, Jalan Banda Aceh – Calang, hangus terbakar pukul 13.05 WIB Rabu (28/7/2021).

    Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP,  melalui personel Pusdalops, Maswani, mengatakan, insiden itu berawal dari pembakaran sampah yang berada di samping kios milik Effendi.

    Bangunan yang terbakar, kata Farhan, merupakan bangunan yang berkontruksi kayu sehingga api begitu cepat membakar deretan warung yang saling menyambung tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

    Kata Farhan, pedagang mengira bahwa api yang membakar sampah tersebut sudah mati dan sebagian pedangang kemudian melaksanakan shalat dzuhur. Namun saat pedagang sedang shalat, percikan api yang dibawa angin langsung menyambar ke salah satu kios.

    “Diperkirakan percikan api sampah dibawa angin dan menyambar kios saudara Efendi serta merambat ke kios lainnya yang berdempetan. Cuaca panas terik dan angin kencang memicu api, menghanguskan sembilan unit kios souvenir kerajinan rotan dan satu unit rumah,” ungkap Farhan.

    Farhan menjelaskan, BPBD Aceh Besar berupaya memadamkan api dengan mengerahkan tiga unit armada pemadam kebakaran. Dua unit dari pos induk Sibreh, satu unit armada dari Pos Peukan Bada dibantu satu unit armada DPKP Kota Banda dengan 20 personel gabungan. Kemudian api berhasil dipadaman sekitar pukul 14.25 WIB. (Cut Nauval Dafistri)