Senin, Juli 15, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaFide Master, Zulkhairi, Rebut Piala Senator Aceh Fachrul Razi

Fide Master, Zulkhairi, Rebut Piala Senator Aceh Fachrul Razi

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Master FIDE (MF) Zulkhairi dari Banda Aceh berhasil mengamankan posisinya sebagai kampiun dalam Kejuaraan Catur Piala Senator Aceh Fachrul Razy yang berakhir Sabtu (1/9/2018) di basement Kantor PWI Aceh.

Pada babak terakhir atau babak ke-tujuh, MF Zulkhairi yang memegang buah putih tampil begitu tenang. Namun di detik-detik terakhir, pecatur tuna wicara ini menawarkan remis kepada lawannya Friansyah, sesama pecatur Banda Aceh.

Penyerahan uang pembinaan dan peduli kepada para juara selekprov dan catur terbuka Piala Senator Aceh, Fachrul Razi di PWI Aceh, Sabtu (1/9/2018). Foto/Humas Percasi Aceh)
Penyerahan uang pembinaan dan peduli kepada para juara selekprov dan catur terbuka Piala Senator Aceh, Fachrul Razi di PWI Aceh, Sabtu (1/9/2018). Foto/Humas Percasi Aceh)

Dengan hasil remis tersebut, Zulkhairi berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemuncak di kejuaraan yang mempertandingkan nomor catur cepat ini dengan mengoleksi nilai 6,5 Point Score (Pts).

Hasil remis itu juga memupus ambisi pecatur asal Aceh Barat, Hunter Chalid, untuk menjadi juara. Meski memetik kemenangan di babak terakhir. Hunter harus puas berada di posisi dua dengan mengantongi nilai 6 Pts.

Idaman Anhar (Banda Aceh) yang hingga babak VI berada di perungkat III, justru melorot ke peringkat VIII usai dipaksa menyerah oleh Hunter Chalid di babak terakhir.

Berikut peringkat 1 hingga 10 Kejuaraan Catur Piala Senator Fachrul Razy, MF Zulkhairi (B. Aceh) 6,5Pts, Hunter Chalid (A. Barat) 6Pts, Taifur SPd (Langsa) 5,5Pts, Friansyah (B. Aceh) 5Pts, Anas (A. Besar) 5Pts, Rezi Fernanda (B. Aceh) 5Pts, Ibnu Khaldun (B. Aceh) 5Pts, Idaman Anhar (B. Aceh) 4,5Pts, Rahmad Rizki (A. Tamiang) 4,5Pts dan Wahed (B. Aceh) 4,5Pts.

Catur Standar Selekprov

Sementara pada seleksi provinsi (selekprov) yang mempertandingkan nomor catur standar, Saiful Bahri (Lhokseumawe) menggeser posisi Zulfadhli (Nagan Rayai) di posisi puncak. Meski sama-sama memiliki nilai 5,5MP, namun Saiful lebih unggul Scholkof.

Berikut peringkai 1 hingga 10 di nomor catur standar, Saiful Bahri (Lhokseumawe) 5,5MP, Zulfadhli (Nagan Raya) 5,5MP, Musliadi (B. Aceh) 5MP, Deny Hartono (A. Tamiang) 5MP, Miftalahuddin (A. Utara) 5MP, Hidayat (Pidie) 5MP, Mar’ie Muhammad (Lhokseumawe), Zafrullah (A. Besar), Fudhailul Barri (B. Aceh) dan Nurkholis (A. Selatan) masing-masing dengan 4,5MP.

Hadiah untuk para pemenang berupa piala dan medali diserahkan Ketua Pengprov Percasi Aceh, Aldin NL, sekaligus menutup event Seleksi Provinsi (Selekprov) dan Kejuaraan Catur Piala Senator Fachrul Razy.

Dalam arahannya, Aldin NL, menyampaikan terima kasih kepada senator atau anggota DPD RI asal Aceh, Fachrul Razi, yang peduli mensuport pendanaan hingga terselenggaranya seleksi Provinsi Catur Aceh untuk menghadapi Kejurnas Catur yang akan berlangsung di kota Banda Aceh, 10 -17 Oktober 2018.

Selain ajang selekprov, juga terselenggara catur cepat Aceh kerjasama Percasi Aceh dengan senator Fachrul Razi. “Senator Fachrul Razi komit bekerjasama dengan Percasi Aceh melaksanakan event catur setiap tahun di Aceh,” kata Aldin mengutip janji Fachrul Razi.

Senator Aceh itu, kata Aldin, tidak bisa hadir untuk menutup kejuaraan catur yang didanainya karena mendadak tugas negara ke Australia, sebagai anggota DPD RI.

Sebelumnya Ketua Panitia, Muhammad Hamzah, menyampaikan laporan dan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras menyukseskan event selekprov dan kejuaraan catur terbuka Aceh dalam waktu singkat. (Adek)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER