Kamis, April 18, 2024
Google search engine
BerandaEnam Caleg dari Aceh Timur Diprediksi Lolos DPRA

Enam Caleg dari Aceh Timur Diprediksi Lolos DPRA

Idi (Waspada Aceh) – Pasca selesai Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (5/5/2019), enam Calon Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan-6 Aceh diprediksi lolos ke Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Keenam kursi DPRA yang bakal diraih caleg asal Aceh Timur ini, yaitu tiga kursi direbut Caleg dari Partai Aceh (Tgk. Muhammad Yunus M. Yusuf, Iskandar Usman Alfarlaky, dan Martini).

Sedangkan tiga kursi lainnya sesuai dengan perolehan suara partainya diraih Partai Demokrat, yakni Muhammad Yunus, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Murhaban Makam dan Partai Damai Aceh (PDA), yakni Ridwan Abubakar.

Baca: Mau Tau Nama Caleg yang Lolos ke DPRK Banda Aceh? Ini Daftarnya

Berdasarkan hasil pleno KIP Aceh Timur, Partai Aceh meraih 79.558 suara. Partai Demokrat meraih 21.082 suara. PPP meraih 16.342 suara dan PDA meraih 13.814 suara.

Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin, mengatakan, meskipun pihaknya telah melakukan rapat pleno, namun terhadap saksi yang merasa keberatan tetap difasilitasi pengisian Form DB2 untuk ditindaklanjuti dalam Rapat Pleno Provinsi Aceh dan masih memiliki kesempatan menggugat ke Mahkamah Konstitusi RI.

Baca: Ini Dia 30 Caleg Diprediksi Raih Kursi Di DPRK Aceh Tamiang

Soal tahapan pemilu, Zainal Abidin menambahkan, sebagai penyelenggara pihaknya telah menjalankan sesuai dengan aturan yang ada, baik di tingkat KPPS, PPK hingga KIP.

“Tugas kami adalah menghitung suara dan merekap, penentuan siapa yang duduk di parlemen itu keputusan finalnya adalah MK. Karena siapapun yang keberatan masih bisa menggugat ke MK,” tandas Zainal Abidin.

Pengamatan Waspada, proses rapat pleno di KIP Aceh Timur berlangsung selama tiga hari sejak Kamis – Sabtu (2-4/5) di Aula Serbaguna Idi, Aceh Timur.

Pleno dimulai dari PPK Simpang Jernih dan berakhir di PPK Peureulak. Rekapitulasi tiap PPK dimulai dari perolehan suara Capres/Cawapres, lalu dilanjutkan ke rekapilasi suara DPD-RI, DPR-RI, DPRA dan DPRK. (Muhammad)

Berita Lainnya: Ini Dia Caleg DPRA Dapil Langsa/Aceh Tamiang Diprediksi Dapat Kursi

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER