Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaDisdik Pidie Gelar Try Out USBN Serentak

Disdik Pidie Gelar Try Out USBN Serentak

Sigli (Waspada Aceh) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pidie melaksanakan try out Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD yang dilaksanakan secara serentak selama dua hari, dimulai Jumat (8/3/2019).

Kadisdik Pidie, H.Idhami, ketika memantau try out di SDN 2 Percontohan Tijue, Sigli, mengungkapkan, pada hari pertama kegiatan itu dilaksanakan, ada 6.091 murid sekolah dasar (SD) mengikuti uji coba (try out) di 277 SD.

Pelaksanaan try out ini, kata Idami, dilaksanakan secara matang dan berlangsung serentak di semua SD seluruh Pidie. Kegiatan ini, menurut dia, penting dilakukan dalam upaya persiapan sekolah menghadapi ujian nasional.

“Try out bertujuan agar murid terbiasa mengerjakan model soal USBN. Mereka menggunakan kertas jawaban komputer dengan cara disilang,” katanya.

Menurut dia, kegiatan try out yang dilakukan pihaknya secara serentak, pertama dilakukan. Meskipun sebelumnya ada dilaksanakan hanya sebatas sekolah masing-masing. “ Tapi hari ini khusus untuk Pidie, semua dikontrol oleh dinas yang dilakukan secara serentak seluruh Pidie,” jelas H. Idami.

Kegiatan ini , lanjut Idami, salah satunya bertujuan untuk peningkatan mutu. Artinya, papar Idami, Dinas Pendidikan Pidie ingin melihat sejauh mana kemampuan anak didik dalam persiapan menghadapi ujian nasional yang rencanya dilaksnaakan April 2019.

“Dan ini menjadi evaluasi bagi dinas dalam melihat kemampuan siswa. Apakah pelajaran yang diajarkan oleh para guru mereka mampu mereka serap,” katanya.

Menyangkut dengan delapan standar, salah satunya adalah standar proses, ujarnya. Standar proses itu menyangkut dengan kemampuan guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa di sekolah. Di situ dapat diukur apakah pelajaran yang diberikan para guru mampu diserap atau tidak. Salah satu buktinya adalah dengan melihat kemampuan siswa dalam menjawab soal ujian.

”Kalau ujian ini berhasil dan nilainya bagus, artinya standar proses sudah terpenuhi. Dan kalau nilainya kurang artinya ini perlu dievaluasi,” tandas H.Idami. (m.riza)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments