Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaDi Aceh PDP 25 dan ODP 38 Orang, Tak Ditemukan Positif Corona

Di Aceh PDP 25 dan ODP 38 Orang, Tak Ditemukan Positif Corona

Banda Aceh—Juru Bicara Pemerintah Aceh yang merangkap Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan belum ditemukan pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Aceh.

“Hingga pukul 08.00 WIB hari ini belum ditemukan satu pun Covid-19 yang positif di Aceh,” tulisnya melalui WhatsApp yang dikirimkan kepada para wartawan di Banda Aceh, Kamis (19/3/2020).

Tetapi, lanjutnya, pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19, untuk seluruh Aceh ada 25 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) 38 orang.

Jubir yang akrab disapa SAG itu menjelaskan status ODP atau PDP itu sesuai Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19) Edisi III.

“Saya pakai kriteria ODP dan PDP yang ditetapkan Kemenkes saja,” kata SAG.

Seseorang dikategorikan ODP apabila 14 hari sebelum sakit dia memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi (penularan) di luar atau area transmisi lokal di dalam negeri. Orang tersebut menunjukkan gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), yakni demam (≥38ºC), atau riwayat demam yang disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernafasan seperti batuk/sesak/sakit tengorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat, rincinya.

Sedangkan status PDP yaitu seseorang yang memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan trasmisi lokal, atau memiliki riwayat perjalanan atau tinnggal di area transmisi lokal di Indonesia. Kemudian dia mengalami demam (≥38ºC) atau riwayat demam, atau gejala gangguan sistem pernafasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk, tambahnya SAG.

Lebih lanjut SAG menjelaskan, dari jumlah sebanyak 20 PDP telah ke luar rumah sakit rujukan RSUZA Banda Aceh. Saat ini beristirahat di rumah karena tidak terbukti positif COVID-19. Sedangkan empat orang masih dirawat tapi belum tentu mereka menderita COVID-19, karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium di Jakarta.

“Apabila hasil pemeriksaan laboratorium tidak menunjukkan idikasi positif COVID-19, mereka juga akan dipulangkan untuk istirahat di rumahnya masing-masing,” tambah SAG.

Lebih lanjut dia mengatakan, PDP yang diperiksa spesimennya di laboratorium sebanyak 20 orang. Hasil yang sudah ada tujuh negatif COVID-19 dan belum ada satu pun yang positif Corona, dan 11 lagi belum ada hasilnya. Diharapkan spesimen PDP Aceh negatif semua, lanjutnya.

“Mari kita berdoa dan terus berikhtiar agar tidak ada penduduk Aceh terinfeksi dengan virus Corona. ODP tetap istirahat di rumahnya, dan orang-orang di sekitarnya, serta kita semua selalu berperilaku hidup bersih, dan sehat, serta cuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir sesering mungkin,” imbaunnya. (Ria)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER