Kamis, Juli 18, 2024
Google search engine
BerandaDandim Buat Demplot Sawah Baru di Arul Lemu

Dandim Buat Demplot Sawah Baru di Arul Lemu

Blangkejeren (Waspada Aceh) – Kodim 0113/ Gayo Lues melaksanakan tanam padi perdana di lokasi Demplot sawah Kodim setempat, seluas satu hektare tepatnya di Dusun Arul Lemu, Kota Blangkejeren, Sabtu (26/5/2018).

Penanaman itu langsung dipimpin oleh Dandim Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution,S.IP dengan melibatkan Dinas Pertanian dan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Blangkejeren. ”Awalnya lokasi demplot ini kolam ikan yang tidak berproduksi dengan baik. Ketimbang mubazir tidak menghasilkan, kita coba jadikan lahan sawah percontohan bagi masyarakat,” ujar Dandim di sela-sela penanaman.

Pengerjaan dilakukan oleh seluruh personil Kodim dengan menggunakan brigade alsintan. Selanjutnya, demplot sawah itu juga menggunakan pupuk cair bios 44. “Bibit kita pakai jenis Intani dari Surabaya, dibantu dengan pupuk cair bios 44, yang sebelumnya telah kita coba di beberapa tempat dan hasilnya memuaskan,” jelas Dandim.

Selain memungsikan kolam menjadi sawah, penanaman itu juga merupakan program ketahanan pangan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap pemerintah untuk mencapai swasembada pangan. Mudah-mudahan penanaman ini mencapai hasil maksimal,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues diwakili Kabid Tanaman Pangan Syaiful Azhar, mengatakan pihaknya sangat mendukung kerjasama program penanaman yang dilaksanakan. Menurutnya, cara yang efektif dalam memberdayakan masyarakat petani adalah dengan mendorong masyarakat untuk menyadari sektor pertanian yang paling vital bagi masyarakat. (cjs/b)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER