Senin, Juli 15, 2024
Google search engine
BerandaBupati Ramli Minta Kontingen Aceh Barat Raih Prestasi di PKA-7

Bupati Ramli Minta Kontingen Aceh Barat Raih Prestasi di PKA-7

Meulaboh (Waspada Aceh) – Bupati Aceh Barat, H.Ramli MS meminta kontingen asal Bumi Teuku Umar mampu meraih aneka prestasi dalam ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-7 tahun 2018 yang digelar di Banda Aceh.

Hal ini diungkapkan bupati saat mengunjungi anjungan Aceh Barat, Jumat malam (10/8/2018) di Taman Sultanah Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

“Salam saya kepada seluruh panitia dan saya berharap kita semua dapat meraih prestasi di PKA ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ramli MS juga melihat- benda bersejarah, budaya serta kerajinan tangan khas Aceh yang dipajang di anjungan Aceh Barat.

Ia juga menyempatkan diri singgah di stand kuliner Ipelmabar Banda Aceh yang yang berada di samping anjungan Aceh Barat. Bupati mencicipi kopi khop khas Aceh Barat. Sembari menikmati kopi khop, Bupati berbincang-bincang dengan sejumlah pengunjung dan mahasiswa.

Anggota Bidang Pameran dan Dekorasi PKA 7 Aceh Barat, Rahmat SP mengatakan, beberapa benda kuno yang dipamerkan adalah benda kuno yang bernilai sejarah tinggi. Seperti naskah kuno, alat-alat rumah tangga, pakaian dan perhiasan tempo dulu.

Dipamerkan juga mata uang masa kerajaan Aceh seperti dirham, mata uang masa Belanda, Amerika dan Dinasti Ming. Juga ada keramik, senjata, pedang, rencong, pisau, lading, siwah dan meriam yang digunakan masyarakat Aceh Barat tempo dulu. Tidak ketinggalan foto-foto perjuangan Teuku Umar, foto kota Meulaboh tempo dulu serta lukisan hasil karya seniman Aceh Barat.

“Barang-barang ini semuanya bernilai sejarah tinggi yang didapat pada masyarakat Aceh Barat yang usianya sudah ratusan tahun,” ujar Rahmad.

Selama pelaksanaan PKA-7, anjungan Kabupaten Aceh Barat selalu ramai pengunjung. Ini karena setiap harinya anjungan Aceh Barat rutin menampilkan pertunjukan seni khas Aceh Barat terutama pada malam hari.

Selain itu letaknya yang sangat strategis berada persis di samping panggung utama pertunjukan Taman Sultanah Ratu Safiatuddin, anjungan Kabupaten Aceh Barat juga memiliki arsitekur yang indah yang menggambarkan ciri khas bentuk rumah tradisional di Kabupaten Aceh Barat. (b01/ded)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER