Sabtu, Mei 25, 2024
Google search engine
BerandaBencana Longsor di Gayo Lues, 2 Orang Tewas

Bencana Longsor di Gayo Lues, 2 Orang Tewas

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor di area Dedeb Rece Desa Cane Baru, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Diketahui korban yang tewas tersebut bernama Aman Tingkem diperkirakan umur 40 tahun dan Salwa Putri berumur 3 tahun.

Kedua korban ditemukan secara terpisah. Salwa ditemukan pada Senin malam (22/11/2021), sedangkan Aman Tingkem ditemukan Selasa pagi tadi (23/11/2021), sekitar pukul 08.00 WIB. Jasad korban ditemukan tersangkut di tumpukan kayu di tengah sungai yang deras dan keruh.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Gayo Lues, Abdul Muhari, dalam keterangan resmi, Selasa (23/11/2021) mengatakan, tanah longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Gayo Lues, pada Senin malam (22/11/2021).

Akibat guyuran hujan, kondisi tanah menjadi basah dan menyebabkan terjadinya longsor di daerah jalan lintas antara Kecamatan Rikit Gaib dan Pantan Cuaca.

Akibat pristiwa ini, ucap Abdul, dua korban sebelumnya dinyatakan hilang karena tertimbun tanah longsor.

Pasca bencana longsor, ucap Abdul, petugas BNPB dan warga setempat kemudian melakukan pencarian korban. Meski upaya itu terkendala cuaca hujan deras dan kondisi malam hari, pencarian korban dilanjutkan hingga dini hari.

“Upaya pencarian sejak peristiwa ini terjadi dilakukan tim gabungan dari personel BPBD, TNI, Polri dan warga setempat,” ucapnya.

Atas pristiwa tersebut, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

Di samping itu dia juga mengharapkan kepada warga dan komunitas dapat menyiapkan rencana kesiapsiagaan maupun menjalin komunikasi antar desa untuk memantau kondisi dan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER