Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaAceh Juara Liga Catur Indonesia Antar Provinsi Seri 6

Aceh Juara Liga Catur Indonesia Antar Provinsi Seri 6

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Provinsi Aceh keluar sebagai juara Liga Catur Indonesia antar provinsi seri ke 6 yang diselenggarakan oleh Liga Catur Indonesia (LCI) setelah meraih nilai tertinggi sekaligus berhak maju ke partai puncak final yang akan digelar awal Agustus 2023 ini.

Liga catur antar provinsi seri ke enam ini digelar sejak 1 Juni hingga 31 Juli 2023 yang merupakan babak penyisihan untuk memilih enam provinsi terbaik yang akan maju ke babak final. Di seri ini Provinsi Aceh menjadi kampiun setelah meraih nilai tertinggi 902.5 MP (Match Point) mengalahkan seluruh provinsi lain di tanah air yang ikut serta dalam liga LCI secara online ini.

“Hingga partai pamungkas Senin malam (31/7/2023) para atlet catur Provinsi Aceh berhasil mengunci predikat juara klasemen LCI dengan mengantongi nilai 902.5 MP setelah selama dua bulan penuh berlangsungnya pertandingan seri ke enam tahun 2023 ini,” kata Ketua Harian Pengprov Percasi Aceh Qamaruzzaman Hagny, Selasa (1/8/2023).

Sejumlah atlet catur Aceh yang sejak awal Juni hingga sekarang berjuang mengharumkan nama Aceh di LCI ini antara lain, Fauzul Zaini (215 MP), T. Ardiansyah (182,5 MP), Agus Salim ZA (171,5 MP), Teuku Arif (117 MP), MN Dika Ibrahim (110 MP) dan Meydika Bina Daksina meraih nilai 106,5 MP.

“Nilai ke enam atlet catur Aceh inilah yang dikalkulasikan menjadi nilai bagi Provinsi Aceh,” jelasnya.

Selain enam atlet tersebut, puluhan atlet catur Aceh juga ikut menyemarakkan pertandingan liga yang dikemas dalam paket “Bendino” LCI ini setiap malamnya. Namun nilai yang mereka dapatkan selama pertandingan masih di bawah ke enam rekan mereka tersebut. Sistem perhitungan nilai untuk setiap provinsi hanya diambil dari nilai terbaik enam orang atlet saja.

Jadi, keenam atlet catur Aceh inilah yang berhak mewakili Aceh bertanding di partai puncak final dan akan berhadapan dengan enam atlet provinsi lainnya yang juga berhasil membawa provinsinya masing-masing maju ke partai terbaik tersebut. Di partai final, pesertanya hanya 36 orang saja yang berhak tampil dari enam provinsi terbaik, papar Qamaruz.

Sementara Ketua Penyelenggara atau Admin LCI Chacha Nugroho menyebutkan, program liga catur antar provinsi ini digelar sejak pertengahan tahun 2022 dan saat ini telah memasuki seri keenam diikuti hampir seluruh provinsi di Indonesia. Adapun jumlah anggota LCI ini mencapai ribuan atlet se-Indonesia.

Untuk Seri keenam ini, dimulai sejak tanggal 1 Juni hingga berakhir 31 Juli 2023. Selama periode dua bulan itu merupakan babak penyisihan untuk menentukan enam provinsi teratas.

Hingga berakhirnya babak penyisihan seri enam ini lanjut Chacha, Aceh menduduki peringkat pertama disusul Jawa Barat (861,5 MP), Bangka Belitung (810 MP), Sumatera Barat (716,5 MP), Sumatera Utara (647,5 MP) dan DKI Jakarta (514.5 MP). Ke enam provinsi yang memiliki peringkat terbaik inilah yang nantinya akan maju ke partai puncak final liga catur antar provinsi LCI. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments