Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaHari ini Partai Masyumi Kembali Dideklarasikan

Hari ini Partai Masyumi Kembali Dideklarasikan

Jakarta – Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia atau disingkat menjadi Masyumi dilaporkan kembali aktif, setelah partai yang pernah berjaya dan menjadi musuh PKI di masa Orla (orde lama) itu, Sabtu hari ini (7/11/2020), dideklarasikan oleh beberapa tokoh Islam.

Deklarasi Partai Masyumi ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 Partai Masyumi. Partai yang didirikan pada tahun 1945 ini dideklarasikan kembali di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta Pusat. Pembacaan deklarasi dipimpin oleh Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII), A. Cholil Ridwan.

“Kami yang bertanda tangan di bawah ini, mendeklarasikan kembali aktifnya Partai Politik Islam Indonesia yang dinamakan ‘Masyumi’,” kata Cholil dalam deklarasi yang disiarkan secara virtual, Sabtu hari ini, sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.com.

Usai membacakan ikrar, para peserta deklarasi langsung memekikkan takbir. Deklarasi ini rencananya juga akan mengumumkan calon Majelis Syuro Partai Masyumi.

Calon-calon Majelis Syuro Partai Masyumi di antaranya; mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua, mantan Menteri Kehutanan Malam Sambat Kaban, Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, Budayawan Ridwan Saidi, hingga Kiai Abdul Rosyid Syafei.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII) Taufik Hidayat, mengatakan, kebangkitan Masyumi ini didasari dengan kerinduan akan partai Islam ideologi seperti Partai Masyumi masa lalu.

Sebelumnya, kehadiran kembali Partai Masyumi ini dikaitkan dengan keberadaan KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia). Tapi Komite Eksekutif KAMI, Ahmad Yani, membantah jika pihaknya terkait dengan Partai Masyumi.

“Kita enggak bisa mengaitkan, karena KAMI adalah gerakan moral dan gerakan intelektual. Enggak bisa kita kaitkan (Masyumi) ke KAMI,” kata Yani kepada CNNIndonesia.com, Jumat (6/11/2020).

Sebagaimana diketahui, Partai Masyumi adalah sebuah partai politik Islam terbesar di Indonesia selama Era Demokrasi Liberal di Indonesia. Masyumi berdiri pada tanggal 7 November 1945 di Yogyakarta. Partai ini didirikan melalui sebuah Kongres Umat Islam pada 7-8 November 1945, dengan tujuan sebagai partai politik yang dimiliki oleh umat Islam dan sebagai partai penyatu umat Islam dalam bidang politik

Partai Masyumi dilarang pada tahun 1960 oleh Presiden Sukarno karena dituduh mendukung PRRI (Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia). Di masa orde lama (Orla) itu, Partai Masyumi menjadi musuh terbesar Partai Komunis Indonesia (PKI). (**)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER