Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaAceh8 Daerah di Aceh Berpotensi Hujan Lebat, BMKG Imbau Warga Waspada Bencana

8 Daerah di Aceh Berpotensi Hujan Lebat, BMKG Imbau Warga Waspada Bencana

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Aceh memprediksi delapan daerah di Aceh berpotensi hujan lebat pada 29-31 Januari 2024.

Pada Senin (29/1/2024), wilayah yang diperkirakan terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh Barat Daya, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya dan Aceh Tenggara.

Sedangkan untuk Selasa (30/1/2024) hujan lebat diperkirakan terjadi di daerah Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Begitu juga pada Rabu (31/1/2024) daerah Gayo Lues dan Aceh Tenggara diperkirakan terjadi hujan lebat.

Forecaster on Duty atau Prakirawan BMKG SIM, Budi Hutasoit, kepada Waspadaaceh.com, Senin (28/1/2024) mengatakan hal ini dikarenakan adanya belokan angin sehingga kondisi tersebut dapat mendukung terbentuknya potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Aceh.

Meski Banda Aceh dan Aceh Besar tidak masuk dalam wilayah yang berpotensi hujan, namun terpantau selama dua hari ke belakang Banda Aceh dan sekitarnya diguyur hujan sedang hingga lebat.

Karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan bencana lain yang diakibatkan dari hujan lebat secara terus menerus maupun hujan dengan durasi lama.

“Imbauan kepada masyrakat Aceh tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor sehingga diharapkan dapat menjauhi daerah-daerah perbukitan yang rawan longsor serta daerah-daerah aliran sungai dan tetap berhati-hati dalam beraktivitas di luar ruangan,” tutupnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER