Beranda Disbudpar Aceh 3 Event Wisata Aceh Masuk Program KEN 2022 yang Digagas Kemenparekraf

3 Event Wisata Aceh Masuk Program KEN 2022 yang Digagas Kemenparekraf

BERBAGI
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat melaunching Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (1/3/2022). (Foto/Ist )

“KEN 2022 menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional, dan akan menjadi salah satu lokomotif Indonesia agar ekonomi masyarakat kembali bergerak”

— Menparkeraf Sandiaga Salahuddin Uno —

Tiga event wisata Aceh terpilih masuk program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Ketiga event tersebut yaitu, Festival Ramadhan, Aceh Culinary Festival dan Aceh Perkusi.

Kabar tersebut diumumkan pada peluncuran Kharisma Event Nusantara  2022 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (1/3/2022). Dari 319 usulan event dari 34 provinsi, setelah dikurasi pada akhirnya  terpilih 110 Kharisma Event Nusantara 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN dan 100 Event KEN 2022.

“Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada peluncuran KEN 2022.

Sementara itu, terkait masuknya tiga event wisata Aceh dalam program KEN 2022, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah memberikan kepercayaan lebih untuk pariwisata Aceh. Pada KEN tahun lalu, kata Jamaluddin, hanya dua event wisata Aceh yang terpilih masuk ke tingkat nasional.

“Alhamdulillah, tiga event wisata Aceh masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Bahkan satu event di antaranya, yaitu Aceh Culinary Festival (Festival Kuliner Aceh) masuk Top 10 KEN 2022,” ujar Jamaluddin di Banda Aceh, Rabu (2/3/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Jamaluddin. (Foto/Ist)

Menurut Jamaluddin, masuknya tiga event tersebut memberi dampak positif dalam memacu pemulihan ekonomi di bidang industri Parekraf di Aceh. “Kita juga berharap dukungan penuh Kemenparekraf RI untuk terus mempromosikan event wisata Aceh ke depannya,” kata Kadisbudpar Aceh itu.

Disbudpar Aceh, kata Jamaluddin, akan terus mendorong pemerintah di kabupaten/kota di Aceh untuk terus menyelenggarakan event-event menarik untuk menarik minat para wisatawan untuk datang ke Aceh. Bila dunia pariwisata Aceh terus berkembang, maka ekonomi masyararakat juga akan meningkat, ujarnya.

DPRA Apresiasi Event Wisata Aceh

Sementara itu Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Hendra Budian, mengungkapkan apresiasinya atas masuknya tiga event wisata Aceh dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Itu artinya beberapa event wisata kita sudah semakin bagus. Meski dalam situasi pandemi COVID-19, tapi bisa go nasional. Kita berharap tidak lama lagi, setelah pandemic usai, event-event wisata kita bisa go internasional,” kata Hendra Budian menjawab pertanyaan Waspada di Banda Aceh, Sabtu (5/3/2022).

Wakil ketua DPRA ini sebelumnya juga telah mendukung dan peduli terhadap perkembangan pariwisata di Aceh, termasuk yang berada di kawasan tengah Aceh, yakni Dataran Tinggi Gayo. Hendra Budian memang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, sehingga dia kerap mengampanyekan event-event wisata dari kawasan itu. Seperti event Tour de Gayo.

KEN 2022 Kumpulan Event Berkualitas

Sedangkan Menparkeraf menyebut KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas. KEN 2022, kata Sandiaga, bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

“KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event,” kata Sandiaga.

Seperti yang telah di lakukan tahun 2021, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan event-event yang berkualitas, sehingga bentuk pendukungan yang diberikan pada penyelenggara event dapat lebih jelas dan terukur.

Ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022. Pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi; kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif; ketiga aspek event management; keempat aspek seni pertunjukan dan budaya; serta kelima aspek strategi komunikasi dan media.

Sandiaga menyampaikan, peluncuran KEN 2022, merupakan bukti nyata Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan industri parekraf di Indonesia. Sekaligus mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan event yang beragam. Mulai dari event seni budaya, karnaval, kuliner, maupun musik ada dalam agenda kegiatan KEN 2022.

Selain itu, KEN 2022 menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional, dan akan menjadi salah satu lokomotif Indonesia agar ekonomi masyarakat kembali bergerak. KEN 2022 juga hadir untuk memberikan semangat agar pelaku ekonomi kreatif tetap optimistis dan senantiasa berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan semua pihak.

“Kami berharap bahwa event-event yang masuk ke dalam KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh Indonesia bahwa event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dan aparat setempat,” kata Sandiaga.

Dukungan serupa juga diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam video sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan Kharisma Event Nusantara 2022 yang merangkum event-event 34 provinsi di Indonesia, mulai dari event budaya, olahraga, hingga ekonomi kreatif ini, harus mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia, dan menjadi motor penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat atas diluncurkannya Kharisma Event Nusantara 2022. Semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam Indonesia,” ujar Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan acara itu Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo; Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya; Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati; dan Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi.

Turut hadir dalam acara yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah(Bangda) Kemendagri, Sugeng Haryono, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM bidang Hubungan Antar Lembaga, Luhur Pradjarto, Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri Irjen  Pol.  Setyo Budiyanto, dan perwakilan dari pemerintah daerah.  (adv)

BERBAGI