160 Santrinya Lolos ke Perguruan Tinggi, Kakanwil Kemenag Aceh Apresiasi Prestasi RIAB

    BERBAGI
    Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr. H. Iqbal, S.Ag., M.Ag, dalam kunjunganya ke RIAB, Sabtu (19/6/2021). (Foto/ist).

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Iqbal, mengapresiasi prestasi santri Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) yang 92 persen lulus di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

    “Dengan perolehan tersebut agar senantiasa menjaga cita rasa prestasi ini menjadi barometer pendidikan di Aceh kedepan,” tutur Kakanwil Kemenag, Iqbal, dalam kunjungannya ke RIAB, Sabtu (19/6/2021).

    Direktur RIAB Kusnadi menyampaikan kepada Waspadaaceh.com, Kakanwil Kemenag Aceh itu juga mengapresasi dan merasa bangga atas pencapaian dua santri RIAB yang memperoleh beasiswa perintis di Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

    Kata Direktur RIAB, kelulusan santri ke perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri pada tahun 2021 meningkat secara drastis. Kata dia, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, secara kalkulasi 92 persen santri RIAB diterima di perguruan tinggi favorit sesuai dengan pilihannya.

    Kusnadi merincikan masing-masing santri lulus melalui beberapa jalur, yaitu melalui jalur SNAMPTN berjumlah 20 orang, jalur SPAN-PTKIN 15 orang, jalur SBMPTN 40 orang, jalur UMPTKIN 64 orang, jalur PMDK/Sipenmaru 11 orang, jalur test bakat minat Telkom 5 orang, jalur test Kemenag Pusat ke Timur Tengah 5 orang. Total ada 160 santri yang telah diterima di perguruan tinggi tersebut.

    Katanya, termasuk dua santri yang lulus dan memperoleh beasiswa perintis di ITB atas nama Sulhan Alkhalidy dan Muhammad Rivai.

    “Bahkan ada beberapa santri lagi yang sedang berjuang mengikuti test wawancara setelah mereka mengikuti test tulisan di UI, UGM, STAN, STIS dan sekolah tinggi ikatan dinas lainnya,” jelasnya. (Cut Nauval Dafistri)

    BERBAGI