Senin, April 15, 2024
Google search engine
BerandaAcehWalhi Kecam Pemukulan Peserta Aksi Tolak Tambang di Aceh Tengah

Walhi Kecam Pemukulan Peserta Aksi Tolak Tambang di Aceh Tengah

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh mengutuk tragedi pemukulan peserta aksi massa yang menolak tambang PT Linge Mineral Resource di Aceh Tengah, Senin (8/4/2019).

Pemukulan terhadap salah seorang peserta aksi dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini terjadi saat bentrok pecah antara massa dengan anggota kepolisian dan Satpol PP. Seorang petugas kepolisian juga dilaporkan terluka akibat terkena lemparan batu.

Berita Terkait: Dua Orang Terluka akibat Bentrok Demo Tambang Emas di Gayo

“Ini bentuk arogansi lembaga penegak hukum. Seharusnya mereka mengayomi dan mengawal aksi massa, sehingga massa dapat menyampaikan aspirasi dengan baik,” kata Direktur Eksekutif Walhi Aceh, M Nur dalam siaran pers yang diterima waspadaaceh.com.

Untuk itu, Walhi mendesak Kapolres Aceh Tengah dan Komandan Satpol PP Aceh Tengah untuk memproses anggotanya yang diduga melakukan pemukulan kepada peserta aksi. Jika terbukti, maka harus ada sanksi kepada oknum tersebut.

Direktur Eksekutif Walhi Aceh, M Nur. (Foto/Ist)

M Nur mengatakan, aksi massa tolak tambang PT Linge Mineral Resource di Aceh Tengah merupakan bentuk kesadaran masyarakat akan dampak yang akan terjadi jika tambang hadir di daerah mereka.

Dengan luas areal 9.684 ha yang diusulkan dalam rencana AMDAL PT Linge, tentunya akan terjadi dampak yang cukup serius terhadap kondisi ekologis di Aceh Tengah. Terlebih wilayah ini merupakan hulu dari berbagai Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Aceh. (Fuadi)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER