Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaPariwaraUkir Prestasi dan Sejarah, Bakri Siddiq Bawa Pulang Adipura untuk Banda Aceh

Ukir Prestasi dan Sejarah, Bakri Siddiq Bawa Pulang Adipura untuk Banda Aceh

PjWali Kota Banda Aceh H Bakri Siddiq SE, MSi, kembali mengukir prestasi dan sejarah. Setelah hampir empat tahun tidak lagi pernah terima Piala Adipura, kini di tahun 2022, Bakri Siddiq kembali membawa pulang.

Terakhir kali, penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, kebersihan, dan pengelolaan sampah itu diraih Banda Aceh pada 2017 silam.

Piala Adipura 2022 kategori kota sedang untuk ibu kota Provinsi Aceh tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada Bakri Siddiq di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali melakukan penilaian terhadap kabupaten/kota di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Ada lima kategori penilaiannya, yaitu untuk kota kecil, sedang, besar, metropolitan, dan Adipura Kencana.

Jika sebelumnya penilaian Adipura hanya fokus pada kebersihan dan penataan ruang di area perkotaan, kali ini lebih fokus pada pengelolaan penanganan dan pengurangan sampah sebagaimana telah tertuang dalam kebijakan strategi daerah (jakstrada).

Pj Wali Kota Banda Aceh H Bakri Siddiq SE, MSi (batik merah) saat menerima Piala Adipura untuk Kota Banda Aceh dari Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta, Selasa (28/2/2023). Foto Ist

Usai menerima penghargaan, Bakri Siddiq mengatakan Piala Adipura merupakan wujud konsistensi dan komitmen seluruh elemen Kota Banda Aceh mulai dari warganya, para pemangku kepentingan, hingga pasukan oranye DLHK3 dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, melalui sosialisasi yang masif, kita berhasil membentuk sebuah sistem dari hulu ke hilir, di mana peran serta masyarakat di gampong sebagai ujung tombak dalam menjaga kebersihan, terutama pengelolaan sampah adalah modal utama dalam meraih penghargaan bergengsi ini,” ujarnya.

Menurutnya, Adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota di Indonesia. “Bukan hanya prestasi saja, Adipura juga menjadi prestise dan lambang kesuksesan, dambaan setiap kota di Indonesia,” ujarnya yang pada kesempatan itu turut didampingi oleh Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah.

“Piala Adipura ini kami dedikasikan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh, yang telah turut berpartisipasi dalam mewujudkan Banda Aceh bersih, indah, dan nyaman,” katanya pada acara penganugerahan Adipura yang dirangkai dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 di Gedung Manggala Wanabakti.

Piala Adipura Diarak Keliling Kota
Rencanya, Rabu, 1 Maret 2023, Piala Adipura dibawa pulang ke Banda Aceh. “Besok pagi, dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Piala Adipura akan kita arak keliling kota dan finish di Lapangan Taman Sari untuk berbagi kebahagiaan dengan seluruh masyarakat,” ujarnya. (Adv)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments