Jumat, Juli 19, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaTurnamen Catur Terbuka di Kualasimpang, Peserta Melebihi Target

Turnamen Catur Terbuka di Kualasimpang, Peserta Melebihi Target

Aceh Tamiang (Waspada Aceh) – Sedikitnya 108 peserta atlet catur mengikuti turnamen catur terbuka dengan tajuk Aceh Open 2019 di lapangan futsal Meuligo, Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Selasa (26/3/2019).

Turnamen yang memperebutkan total hadiah Rp35 juta tersebut dibuka langsung oleh pembina Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh, Jamaluddin T.Muku. Aceh Open 2019 akan berlangsung 26 – 31 Maret 2019.

Jamaluddin menyebutkan, open turnamen catur terbuka ini sebagai salah satu ajang mencari bibit atlet yang dipersiapkan untuk ikut pada event Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada 2024 yang akan datang.

“Keinginan kita, atlet catur Aceh terus berprestasi dan bisa meraih juara umum di tingkat nasional,” kata anggota DPR Aceh itu.

Dia juga menyebutkan pelaksanaan catur terbuka 2019 dilaksanakan di Aceh Tamiang, karena pihaknya ingin mengembangkan olahraga catur, sehingga atlet-atlet yang ada di kabupaten itu bisa lebih berprestasi.

“Dengan event catur terbuka ini bisa membangkitkan gairah atlet catur yang ada di Aceh Tamiang,” kata Jamaluddin.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Prestasi Dispora Aceh, Saifullah mengatakan, turnamen tersebut merupakan komitmen Pemerintah Aceh mendukung peningkatan prestasi olahraga.

“Tidak hanya cabang olahraga catur, Pemerintah Aceh juga berkomitmen meningkatkan prestasi cabang olahraga lainnya, termasuk yang menjadi unggulan,” kata Saifullah.

Untuk itu, Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai pembinaan para atlet yang berprestasi untuk persiapan Aceh sebagai tuan rumah penyelenggara catur di PON XXI.

“Jadi dari sekarang kita persiapkan atlet mewakili Aceh pada PON XXI 2024 mendatang. Apalagi Kerjurnas catur Oktober 2018 lalu, Aceh meraih satu mendali dan perunggu, kedepan target kita juara umum,” ujarnya.

Sementara Ketua Pengprov Percasi Aceh, Aldin NL mengatakan, antusias atlet catur mengikuti turnamen ini cukup tinggi. Itu dapat dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar melebihi target yang telah ditentukan.

“Yang mendaftar mencapai 200 orang, kuotanya cuma untuk 100 peserta. Namun ada 108 peserta yang akan bertanding pada turnamen kali ini. Open Turnamen Catur ini merupakan momen penting bagi pengembangan olahraga Aceh,” sebut Aldin. (Ria)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER