Minggu, Juni 23, 2024
Google search engine
BerandaAcehTangani Corona, Pemerintah Aceh Selatan Anggarkan Rp400 Juta

Tangani Corona, Pemerintah Aceh Selatan Anggarkan Rp400 Juta

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menganggarkan dana sebesar Rp400 juta untuk menangani penyebaran virus Corona atau COVID-19, kata Nasjuddin, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, anggaran Rp400 juta tahap awal untuk pengadaan pembelian APD petugas. Pembelian masker, alat pengukur suhu tubuh, sebagaimana diusulkan Dinas Kesehatan.

“Memang kemarin kita dapat usulan memakai dana di Dinas Kesehatan untuk membeli ADP dan lainnya sampai dengan anggka Rp600 juta. Tetapi setelah kita rasionalkan menjadi Rp400 juta,” ujarnya usai rapat koordinasi dengan tim gugus tugas yang turut dihadiri Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dan kepala SKPK.

Selain itu, berdasalkan surat edaran Menteri Dalam Negeri bahwa pemerintah daerah dapat melakukan menjadwalkan ulang tentang kegiatan dalam upaya penanganan COVID-19 termasuk menggunakan dana tanggap darurat.

Sementara Plt Dinas Kesehatan, Novi Rosmita, mengakui, pihaknya belum memiliki alat pelindung diri (APD) dan alat pengukur suhu tubuh dalam penanganan penyebaran COVID-19. Namun anggarannya sudah tersedia.

“Sedang kita pesan APD, vitamin c, masker dan lainnya. Tetapi kita mengalami kendala dalam hal pengadaan. Selain itu juga langka dan harga tidak stabil,” pungkasnya.(Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER