Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaAcehSiswa Aceh Raih 11 Medali di OSN 2022, Rangking 12 Nasional

Siswa Aceh Raih 11 Medali di OSN 2022, Rangking 12 Nasional

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Siswa Aceh kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, setelah berhasil mengumpulkan 11 medali dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan menduduki peringkat 12 dari 37 provinsi.

Kepala Bidang SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Hamdani, kepada Waspadaaceh.com, Kamis (13/10/2022) mengapresiasi perolehan prestasi siswa dari Aceh tersebut. Prestasi yang diraih pada Olimpiade Sains Nasional cukup memuaskan.

Pelajar Aceh membawa pulang dua medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu. “Alhamdulillah, kita sangat bangga atas keberhasilan yang diraih oleh siswa- siswi terbaik kita. Tentunya Dinas Pendidikan memberi apresiasi dan harapannya, siswa-siswi ini bisa lolos ke tingkat internasional,” kata Hamdani kepada Waspadaaceh.com.

Hamdani melanjutkan, apresiasi juga disampaikan kepada para pendidik (guru) dan pihak sekolah yang selama ini telah membina para siswa berprestasi tersebut. Pencapaian ini berkat kerja sama antara Dinas Pendidikan, Kacabdin dan kepala sekolah sehingga membuah hasil yang menggembirakan.

Dia mengatakan ada 7 medali diraih oleh pelajar tingkat SMA/MA. Sisanya diperoleh dari pelajar pada tingkat SD dan SMP. Pencapaian ini mendudukkan Provinsi Aceh dalam posisi 12 dari 37 provinsi.

Seleksi OSN ini dilaksanakan selama 3 – 6 Oktober 2022. Pelajar yang mewakili Aceh pada ajang ini merupakan hasil seleksi pada tingkat kabupaten dan kota.

Hamdani menyebutkan di tingkat provinsi, panitia menyeleksi sekitar 800 orang siswa. Selanjutnya siswa yang dinilai mumpuni disertakan untuk berlomba di tingkat nasional.

“Sebelum berlomba di tingkat nasional, terlebih dahulu dibina oleh Bidang SMA dan PKLK Disdik Aceh selama 7 hari di Banda Aceh. Pada tanggal 25 September hingga 1 Oktober 2022,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, berharap seluruh siswa yang mengikuti ajang ini tidak dibebani target. Alhuduri meminta para pelajar memandang ajang ini sebagai tempat untuk menguji dan menempa diri menjadi pribadi yang lebih baik.

“Saya percaya dengan kemampuan mereka. Saya berharap mereka juga percaya diri dengan kemampuan mereka,” kata Alhudri.

Pada olimpiade ini, peserta berlomba menjadi yang terbaik dalam bidang matematika, fisika, kimia, biologi, informatika/komputer, kebumian, astronomi, ekonomi dan geografi.

Berikut nama-nama peraih medali dari tingkat SMA/MA

Emas
1. Farhannur – Ekonomi – MAN 1 Banda Aceh

Perak
1. Pieter C – Biologi – SMAN 3 Banda Aceh
2. Fauzil A – Biologi – SMAN Modal Bangsa Aceh
3. Rahmatillah N – Kimia – SMAN Modal Bangsa Aceh
4. M. Arif KL – Fisika – SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh.

Perunggu
1. Nabillah Zahra – Kimia – SMA TNA Fatih Bilingual School
2. M. Ar Rayyan – Geografi – SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh.

(*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments