Beranda Parlementaria Terkini Sering Ditimpa Banjir, DPRA Desak Pemerintah Aceh Tetapkan Agara Darurat Bencana Tingkat...

Sering Ditimpa Banjir, DPRA Desak Pemerintah Aceh Tetapkan Agara Darurat Bencana Tingkat Provinsi

BERBAGI
Yahdi Hasan, anggota DPR Aceh. (Foto/Ist)

Kutacane (Waspada Aceh) – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), mendorong Pemerintah Aceh untuk menetapkan status bencana banjir di Aceh Tenggara, sebagai bencana alam berstatus darurat bencana tingkat Provinsi Aceh.

Yahdi Hasan, anggota DPR Aceh, kepada Waspadaaceh.com, Senin (18/04/2022), mengatakan permohonan peningkatan status bencana banjir di Aceh Tenggara telah dia sampaikan ke DPRA, dan secepatnya akan disampaikan oleh Pemerintah Aceh.

“Akan diprogramkan, tetapi menunggu dukungan dari Pemerintah Aceh Tenggara, berupa usulan ke Pemerintah Aceh,” kata Yahdi.

Dia mengatakan, telah menyampaikan kepada lembaga DPRA agar mendorong Pemerintah Aceh meningkatkan status bencana banjir di Kabupaten Aceh Tenggara, sebagai status bencana alam di tingkat Provinsi Aceh.

Dari hasil pembahasan di DPRA, kata dia, Pemerintah Aceh akan didorong untuk melaksanakan percepatan pengulangan bencana yang terjadi di beberapa daerah di Aceh, termasuk pembangunan kembali rumah dan fasilitas yang terdampak bencana banjir di Aceh Tenggara.

Bahkan menurut Yahdi, bencana banjir di Aceh Tenggara, salah satu skala prioritas yang didorong oleh lembaga DPRA untuk segera ditangani. Selain dikarenakan sering terjadinya banjir, kondisi alam dan sungai di Aceh Tenggara juga disampaikan ke lembaga rakyat tersebut.

Pembahasan peningkatan status itu, kata Yahdi, disampaikan di sidang LKPJ Gubernur Aceh tahun anggaran 2021, dan kembali dibahas bersama anggota DPRA yang dilanjutkan di ruang Plt Ketua DPRA, Safarudin, pada Senin (18/04/2022).

Kata Yahdi, dalam pembahasan itu, DPRA lebih fokus terhadap penanggulangan bencana dan penyaluran bantuan masa panik dari Pemerintah Aceh serta pelayanan kesehatan dan penanganan pendidikan di lokasi yang terjadi bencana alam di Aceh. Pemerintah Aceh akan didorong untuk serius membuat program pembangunan penanggulangan bencana di setiap daerah di Aceh.

Hasil Keputusan rapat, kata Yahdi, Pemerintah Aceh akan didorong secepatnya untuk menyalurkan bantuan masa panik ke seluruh daerah yang terjadi bencana alam. Terkhusus bencana banjir di Kabupaten Aceh Tenggara, akan diumumkan peningkatan status bencana banjir menjadi bencana alam tingkat Provinsi Aceh, kata Yahdi. (samsuri)

BERBAGI