Senin, Juni 24, 2024
Google search engine
BerandaSempat Ricuh, Akhirnya Bongkar Muat di Pelabuhan Calang Berjalan Lancar

Sempat Ricuh, Akhirnya Bongkar Muat di Pelabuhan Calang Berjalan Lancar

Calang (Waspada Aceh) – Bongkar muat equipment 5.200.636 MT milik PLTU Nagan Raya di Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, dari Kapal MV. Easy Development berbendera Hong Kong, berjalan lancar meski sebelumnya sempat ada ketegangan di lokasi pembongkaran.

Hal tersebut dibenarkan oleh Syahbandar melalui Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap, kepada Waspadaaceh.com, Selasa (9/3/2021) di pelabuhan.

Dia mengungkapkan, sebelum kapal pengangkut tiang pancang dari Shanghai, China, tersebut bersandar di Pelabuhan Calang sempat terjadi ketegangan antar kelompok. Namun bisa diredakan setelah duduk bersama yang difasilitasi oleh pihak Polres Aceh Jaya.

“Seperti biasa, masih ricuh. Namun Alhamdulillah, kemarin kita damaikan di Mapolres Aceh Jaya. Sekarang sudah aman,” ujar Amru.

Dia menjelaskan, penunjukan PBM (perusahaan bongkar muat) ranahnya pengusaha.

“Jadi yang namanya ranahnya pengusaha, ya di luar pelabuhan, silahkan lobi-lobi, negosiasi, asalkan sesuai aturan dan proporsional,” ungkap Amru.

“Yang jelas, kita sebagai otoritas pelabuhan mendukung kearifan lokal mengutamakan putra, putri lokal tentunya,” lanjutnya.

Amru menjelaskan, bongkar muat di Pelabuhan Calang telah berjalan dengan lancar. Dia berharap agar kondisi tersebut terus bertahan hingga seterusnya.

“Saya juga berharap hasil musyawarah di Mapolres Aceh Jaya kemarin diindahkan dan diterapkan,” pintanya.

Amru mengungkapkan, SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) sebagai wadah di luar pelabuhan mengatur sedemikian rupa dan membimbing PBM agar proporsional terjaga.

“Namanya kita bekerja, jika tidak pada ahlinya maka akan hancur,” pungkasnya.

Untuk kali ini, lanjutnya, pembongkaran dari atas kapal sampai dermaga masih dipegang oleh IOT, PBM nya PT. Faizir Malahayati. Dari pelabuhan hingga tempat penumpukan dan MPG dipegang oleh Renus, PBM nya PT. Panga Ocean Truck.

Amru menambahkan, untuk memutus penyebaran virus Corona, terhadap awak kapal telah dilakukan pemeriksaan standar pencegahan COVID-19.

“Awak kapal bukan lagi kita lakukan rapid test melainkan telah kita lakukan tes antigen. Petugasnya langsung dari Meulaboh dan seluruh awak kapal negatif COVID-19,” cetus Amru. (Zammil)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER