Senin, Maret 4, 2024
Google search engine
BerandaAcehSemen Andalas Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Kemenaker RI

Semen Andalas Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Kemenaker RI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Komitmen dan budaya K3 yang terus dipegang teguh dan menjadi acuan dalam bekerja mengantarkan PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menerima penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja Tahun 2022 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pabrik Lhoknga dan Packing Plant (PP) Lhokseumawe PT SBA, Kamis (24/8/2023), di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Secara rinci, pabrik SBA di Lhoknga berhasil mempertahankan lebih dari 5 juta jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022.

Sedangkan PP Lhokseumawe berhasil mempertahankan lebih dari 837 ribu jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022.

Secara khusus, PP Lhokseumawe telah menerima Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja empat kali berturut-turut sejak tahun 2019. K3 merupakan budaya kerja yang terus ditanamkan oleh SBA kepada seluruh pekerjanya dan seluruh stakeholder yang berkunjung ke perusahaan.

“Penghargaan ini akan terus menjadi pemantik semangat kami dalam menjaga K3 untuk memastikan operasional yang aman dan berkelanjutan,” ujar Mochamad Anwar Bakti, General Manager Pabrik Lhoknga.

Berbagai program, pelatihan, pemantauan dan kegiatan penguatan komitmen K3 terus dilakukan secara rutin oleh perusahaan, beberapa contoh diantaranya perusahaan secara rutin menerapkan sistem kerja serta meningkatkan prosedur kerja aman, rutin melaksanakan simulasi tanggap darurat dan pelatihan K3.

Selain itu, perusahaan juga konsisten melaksanakan rapat Panitia Pembina keselamatan dan Kesehatan kerja (P2K3), serta rutin melaksanakan Safety Observation Task yang bertujuan untuk mengamati kesesuaian perilaku kerja dan kondisi kerja baik aman maupun tidak aman di areal operasional.

“K3 merupakan tanggung jawab kita bersama, setiap orang harus memiliki perhatian, kepedulian dan berfokus terhadap aspek K3 dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Seiring dengan Safety Golden Rules SIG: PATUH, PEDULI, dan TANGGAP,” ujar Anwar.

“Seperti motto K3 yang selalu kami gaungkan setiap saat yaitu kita datang selamat! kita kerja selamat! kita pulang selamat! Safety Yes, Accident No, hal ini yang kita harapkan dapat dilakukan oleh seluruh pekerja dan masyarakat,” tambah Anwar Bakti. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments