Selasa, Mei 28, 2024
Google search engine
BerandaInforial Pemerintah AcehSekda Aceh Sosialisasi GISA di Nagan Raya

Sekda Aceh Sosialisasi GISA di Nagan Raya

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Sekda Aceh, H.Taqwallah, melakukan kegiatan sosialisasi Gerakan Imunitas dan Stunting Aceh (GISA) di Kabupaten Nagan Raya.

Sosialisasi GISA berlangsung Rabu (31/8/2022) di Anjungan Pendopo Bupati Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

BACA: RSJ Aceh Jemput 10 Orang ODGJ di Nagan Raya

Sekda Nagan Raya, H.Ardimartha menegaskan, peserta sosialisasi GISA tersebut diharapkan nantinya dapat menyampaikan kepada masyarakat terkait program itu dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Nagan Raya.

Selain itu, Ardimartha juga mengharapkan, dengan adanya program GISA dari Pemerintah Aceh, dapat mencegah stunting serta mencegah penurunan gizi buruk, ungkapnya.

Sementara Itu Sekda Aceh Taqwallah juga menyebutkan, dalam rangka pencanangan GISA, pemerintah menganggarkan sebesar Rp285,7 miliar dari dana yang ada di Aceh, dialokasikan untuk melancarkan program tersebut.

BACA: Warga Nagan Raya Temukan Granat Peninggalan Masa Konflik

Menurutnya, dana tersebut digunakan untuk mendukung 10 intervensi stunting. Sedangkan sumber dana untuk GISA selain dari dana desa, juga bersumber dari DAK-KB, BOK-PKM serta dari APBA Dinkes Aceh dengan pengalokasian yang berbeda beda.

DAK-KB tersebut, kata Taqwallah, dialokasikan untuk operasional dan managerial. Dana desa dialokasikan untuk kegiatan spesifik di desa, PMT lokal, balita stunting, Bumil KEK, yang rata-rata sementara Rp50 juta per desa, ujarnya.

Kemudian BOK-PKM dialokasikan,untuk mendukung operator petugas Puskesmas dan APBA Dinkes Aceh dialokasikan untuk publikasi, logistik (obat PMT standar).

BACA: Polres Nagan Raya Tangkap Pengedar Ganja di Beutong

Sekda Aceh juga menjelaskan, target yang menjadi sasaran dalam 10 intervensi stunting di Aceh terdiri atas 77.798 bumil, 3.421 bumil kekurangan energi kronis (KEK), 404.985 balita serta 27.667 balita stunting, pungkasnya

Selain melakukan sosialisasi GISA, Sekda Aceh H.Taqwallah juga menyerahkan SK kenaikan pangkat golongan ruang IV/a dan IV/b serta SK pensiunan ASN dalam lingkup Pemkab kabupaten tersebut.

Penyerahan SK kenaikan pangkat golongan serta SK pensiun ASN sebanyak 76 orang yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Waspada Aceh on TV

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER