Senin, April 15, 2024
Google search engine
BerandaSumutSambut Ramadhan, Unilever Jangkau Lebih Dari 2.000 Warga Medan-Banda Aceh

Sambut Ramadhan, Unilever Jangkau Lebih Dari 2.000 Warga Medan-Banda Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Menyambut bulan suci Ramadhan, Unilever Indonesia, melalui rangkaian brandnya seperti Pepsodent, Bango, Royco, Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto, menjalankan sejumlah inisiatif guna meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Medan dan Banda Aceh.

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang dinantikan seluruh umat muslim, tidak terkecuali, bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh, Banda Aceh yang merupakan dua provinsi dengan jumlah masyarakat muslim yang mendominasi.

Sumatera Utara tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di Pulau Sumatera, yakni mencapai 10,18 juta jiwa. Sementara Banda Aceh memiliki persentase penduduk muslim terbesar di Indonesia dengan 98.57%.

Karenanya, penting untuk membekali masyarakat di wilayah ini dengan pemahaman terkait kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan, agar berbagai ibadah di bulan Ramadhan dapat dijalankan dengan lebih nyaman.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan bukan hanya penting dilakukan untuk kenyamanan ibadah pribadi, tapi juga masyarakat secara luas, khususnya di wilayah dengan jumlah muslim yang signifikan seperti di Aceh dan Medan.”

“Memahami hal ini, Unilever Indonesia, melalui brand-brand terpercaya dan dekat dengan masyarakat berupaya membantu masyarakat dalam menjalani ibadah dengan lebih nyaman,” kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Nurdiana Darus, dalam keterangan resmi perusahaan, Rabu (12/3/2024).

Tidak bergerak sendiri, Unilever Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pihak terpercaya, yang telah menjadi mitra sejak lama, untuk melipatgandakan kebermanfaatan dari program-program yang diinisiasi.

Dalam menjalankan inisiatif di kedua kota besar tersebut, Unilever Indonesia berkolaborasi dengan lembaga-lembaga terkemuka, diantaranya Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) RSGM Universitas Sumatera Utara, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (USK), Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Di bidang kesehatan, Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent menggelar program  “Senyum Sehat Indonesia Menyambut Ramadhan 1445 H”, berupa edukasi dan perawatan kesehatan gigi dan mulut secara gratis bagi 2.000 santri serta sejumlah pesantren di Banda Aceh.

Berdasarkan Data Riskesdas 2018, di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), sekitar 94,9 % warga tidak pernah berobat ke tenaga medis gigi dalam satu tahun terakhir, sehingga banyak kasus gigi berlubang.

Sementara itu, di Banda Aceh, Unilever Indonesia melalui 5 (lima) brand-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto memperkuat kemitraan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam menggelar program “Gerakan Masjid Bersih 2024” yang bertempat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Kegiatan ini melibatkan 200 relawan yang melakukan pembersihan di Masjid Raya Baiturrahman, guna mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis di bulan Ramadhan. Untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas, Unilever juga menyalurkan bantuan sebanyak 4.000 paket kebersihan yang akan didistribusikan ke masjid-masjid di wilayah Banda Aceh yang lain.

“Kami atas nama pengurus wilayah dan juga pengurus daerah DMI menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang sangat tinggi atas terbangunnya kerja sama antara pengurus pusat dengan Unilever Indonesia untuk melakukan kolaborasi bagi kebaikan umat, salah satunya di program Gerakan Masjid Bersih,” kata Ketua Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Aceh Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, S. Ag., M. Pd.

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya di bulan Ramadhan.

“Tak berhenti disini, komitmen Unilever Indonesia untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya santri dan santri perempuan di wilayah Medan dan Banda Aceh akan terus diperkuat. Salah satunya melalui program pengembangan santri perempuan, yang harapannya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya,” tambah Nurdiana.

Sebelumnya, Unilever Indonesia telah mempertegas keseriusannya dalam mendukung kesejahteraan komunitas muslim melalui komitmen kolaborasi jangka panjang serta penyaluran donasi kemanusiaan melalui kemitraan dengan berbagai lembaga sosial terpercaya.

Tercatat di antaranya NU Care-LAZISNU (lembaga filantropi di bawah naungan Nahdlatul Ulama), Lazismu (lembaga sosial di bawah naungan Muhammadiyah) dan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

Total bantuan senilai Rp 6 miliar telah disalurkan untuk membantu korban di area konflik. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER