Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaRibuan Warga Saksikan Pembukaan Gayo Alas Mountain International Festival 2018

Ribuan Warga Saksikan Pembukaan Gayo Alas Mountain International Festival 2018

Aceh Tengah (Waspada Aceh) – Ribuan masyarakat antusias menghadiri pembukaan perhelatan Gayo Alas Mountain International Festival 2018 atau GAMIFest di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, Jumat malam (14/9/2018).

Ivent GAMIFest 2018 dibuka langsung Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersama Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Bupati Aceh Tengah, Wakil Bupati Bener Meriah, Bupati Gayo Lues dan Bupati Aceh Tenggara.

Tampak kembang api turut memeriahkan pembukaan GAMIFest Jumat malam (14/9/2018) di Takengon. (Foto/Gito Rolis)
Tampak kembang api turut memeriahkan pembukaan GAMIFest Jumat malam (14/9/2018) di Takengon. (Foto/Gito Rolis)

Nova Iriansyah dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan GAMI Festival 2018 untuk mewujudkan dataran tinggi Gayo Alas (DTGA) sebagai Kawasan Dynamic Agro-ecology dan Penggerak Ekonomi Hijau (Green Economy) di Aceh.

Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat DTGA melalui pengembangan kawasan berbasis 3 A: Agro Forestry, Agro Industry dan Agro Tourism sesuai potensi daerah. Pemerintah Aceh juga akan memprioritaskan pembangunan kawasan di poros tengah melalui kegiatan kepariwisataan, kebudayaan dan pertanian, khususnya agroindustri.

Sementara itu, Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Reza Fahlevi mengatakan, potensi yang dimiliki Gayo Alas menjadi kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan dengan meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. Iven GAMIFest ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan pembangunan sektor pariwisata di dataran tinggi Gayo Alas.

Ada beberapa hal yang harus ditingkatkan untuk mendukung pariwisata di Gayo Alas, salah satunya meningkatkan kapasitas bandara, serta penyelenggaraan event skala internasional dan promosi setiap tahunnya.

Diharapkan dengan event GAMIFest akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan kopi. “Ini perlu dukungan semua pihak karena tanpa semua pihak, pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten tidak bisa berjalan sendiri,” ujar Reza.

Gayo Alas Mountain International Festival 2018 atau GAMIFest akan menampilkan beragam atraksi meliputi; Destination Photo Contest, Opening Ceremony, Tarian Massal, Pawai Budaya Gayo Alas, Pentas Wonderful Gayo Alas, Handicraft and Photo Expo, Coffee and Culinary Festival, Lomba Perahu Tradisional dan Jet Ski Exhibition.

Selanjutnya Paramotor Show, Camping 100 Tenda, Festival Panen Kopi, Expedisi Burni Telong, Takengon Rafting, Aceh Bike Cross Country, Gathering Pesona Indonesia, Pacu Kuda Tradisional, Aceh Trail Adventure, Festival Agara, Wisata Arung Jeuram, Pelatihan Pariwisata dan atraksi wisata menarik lainnya.

Atraksi wisata seni budaya dataran tinggi Gayo – Alas bertema “The Power of Nature” dimulai 14 September sampai dengan 24 November 2018, berlangsung di empat kabupaten di kawasan tengah Aceh; yakni Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara. (CB01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER