Qurban Hari Ini di Masjid Baitussalihin Ulee Kareng, Sembelih 10 Ekor Sapi dan 8 Ekor Kambing

    BERBAGI
    Panitia qurban membagikan daging menjadi beberapa tumpuk untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat, Rabu (21/7/2021). (foto/Cut Nauval Dafistri)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Panitia Masjid Baitussalihin Ulee Kareng Banda Aceh menyembelih hewan qurban pada perayaan Lebaran Idul Adha 1442 Hijriah sebanyak 10 ekor sapi dan 8 ekor kambing, pada 11 Zulhijjah 1442 H, Rabu (21/7/2021).

    Ketua Panitia Qurban Baitussalihin Ulee Kareng, Zulfikar saat ditemui Waspadaaceh.com mengatakan, hewan qurban tersebut merupakan qurban patungan warga dan qurban perorangan.

    “Kebersamaan ini adalah tradisi di Aceh saban momen Idul Adha. Tahun ini Alhamdulillah terkumpul sepuluh ekor sapi dan delapan ekor kambing,” ujarnya.

    PantauanĀ Waspadaaceh.com, proses penyembelihan berlangsung di sekitar halaman masjid yang dilakukan oleh panitia. Sejumlah panitia qurban melakukan pemotongan daging hewan di sebuah tenda di samping masjid. Daging hewan qurban ini kemudian dipilah menjadi beberapa tumpuk untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat.

    BACA:
    Turki Sumbang 100 Ekor Lembu Kurban untuk Masyarakat Aceh
    Gubernur Serahkan Sapi Qurban Seberat 700 Kg Kepada Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman

    Zulfikar mengatakan potongan daging hewan qurban ini dibagikan kepada masyarakat, yang terbagi pada 3 desa yaitu Gampong Ceurih, Lamglumpang dan Ie Masen. Juga dibagikan kepada jamaah masjid.

    Lebih lanjut, Zulfikar mengatakan, hanya panitia qurban yang boleh ikut melaksanakan pemotongan hewan qurban. Sesuai dengan instruksi Pemerintah Banda Aceh dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 untuk tidak terjadi kerumunan, serta pelaksanaan pemotongan hewan qurban tersebut menerapkan protokol kesehatan.

    “Kita mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19. Kita sudah imbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutur Zulfikar.

    Untuk mengantisipasi berkurumunan warga saat pengambilan daging, kata Zulfikar, panitia qurban sudah diberikan kupon, dan daging akan dibagikan pada jam yang ditentutan. Pengambilan daging dengan sistem antrian.

    Zulfikar berharap, kebersamaan dan saling gotong royong oleh warga Ulee Kareng di Hari Raya Idul Adha bisa terus terawat dan terjaga. (Cut Nauval Dafistri)

    LAINNYA: