Jumat, Juni 14, 2024
Google search engine
BerandaAcehProgram Magister KPI UIN Ar-Ranirry Berikan Pelatihan Literasi Digital di Dayah Darul...

Program Magister KPI UIN Ar-Ranirry Berikan Pelatihan Literasi Digital di Dayah Darul Quran

Aceh Besar (Waspada Aceh) – Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan pelatihan literasi digital di Pondok Pesantren Darul Quran, Kuta Malaka, Aceh Besar. Sabtu (06/08/2022).

Ketua Program Studi Magister KPI, Saiful Akmal, menuturkan kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen dan partisipasi program magister KPI dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan literasi digital bagi tenaga pengajar dan santri agar bijak dalam menggunakan internet.

Dengan mengusung tema “Anti hoaks dan pro moderasi beragama,” merupakan pendekatan yang memiliki fokus analisis kritis terhadap konten-konten yang tersebar dari berbagai platform.

Program pendampingan literasi digital menyasar lingkungan pesantren di Banda Aceh dan Aceh Besar. Digelar sejak 6 Agustus hingga 3 September 2022.

Sementara itu Sekretaris Prodi S2 KPI, Teuku Zulyadi mengatakan, para tenaga pengajar maupun santri diberikan pelatihan terkait digital citizenship, data, jenis privasi dan ragam hak digital, mengenal hoaks dan jenis-jenisnya, filter bublle dan praktik bersosial media yang kritis, positif dan kreatif inovatif.

Turut hadir menjadi narasumber Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh, Faisal Ilyas dan Cut Nauval Dafistri, Jurnalis Waspada Aceh yang juga alumnus S2 KPI UIN Ar-Ranirry Banda Aceh.

“Literasi ini sangat dibutuhkan, agar para santri memiliki tameng dan modal untuk memilih dan memilah isi media dan juga paham kecanggihan teknologi informasi,” tutur Teuku Zulyadi. (Cut Nauval d)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER