Kamis, Juli 18, 2024
Google search engine
BerandaAcehPPDB SD-SMP di Banda Aceh Sukses dan Transparan

PPDB SD-SMP di Banda Aceh Sukses dan Transparan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SD dan SMP di Kota Banda Aceh dinilai paling transparan. Sistem PPDB online melalui situs https://ppdb.bandaacehkota.go.id/ mendapat apresiasi dari orangtua murid karena dinilai transparan.

Pantauan Waspadaaceh.com, Rabu (7/6/2023), sejak awal pelaksanaan PPDB Online SD dan SMP Banda Aceh dibuka pada 29 Mei hingga 1 Juni, di website tersebut menampilkan data kuota jumlah siswa secara transparan termasuk jumlah siswa pendaftar yang telah verifikasi dan swafoto.

Swafoto ini menjadi salah satu poin penting, karena ketika selesai mengisi biodata awal, siswa wajib mengupload photo bersama kertas registrasi itu. Siswa kemudian dapat memantau sendiri perkembangan informasi mengenai kelulusan sementara di sekolah pilihannya.

“Pribadi saya menilai, PPDB Banda Aceh lebih transparan dan sangat mudah diakses. Petunjuk informasi mengenai teknisnya juga lengkap, gampang diakses. Kita tidak bingung, karena informasinya jelas baik di medsos IG dinas pendidikan termasuk di website PPDB jelas sekali,” kata Irwansyah, salah satu orangtua siswa.

Irwansyah mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan PPDB pada kota lain diluar Aceh, pelaksanaan yang digelar Disdikbud Banda Aceh ini lebih baik. Irwansyah memiliki pengalaman serupa di kota lain, karena dirinya pernah bertugas di luar Aceh.

Hal yang sama juga diungkapkan, Ahmad Rasyid. Rasyid mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB Banda Aceh sangat transparan. Dia punya pengalaman dari saudaranya yang tidak verifikasi data di website.

“Ada kerabat saya, dia lupa verifikasi. Namun ketika melapor ke Posko PPDB di Disdikbud Banda Aceh dilayani dengan baik. Sistem zonasi ini lebih memudahkan mendapatkan akses pendidikan ke sekolah yang baik ke siswanya,” jelasnya.

Seperti diketahui, hingga 5 Juni 2023, 5.976 siswa (85,79%) dari total kuota 6.966 siswa telah mendaftar ikut PPDB online. Total pendaftar yang sudah swafoto 5.929 siswa (99.21%) dari 5.976 siswa pendaftar dan yang sudah verifikasi 5.927 siswa (99.97%).

Dari jumlah tersebut, untuk pendaftar SMP 2.952 siswa (79,96%) dari total kuota 3.567 siswa, siswa pendaftar yang sudah swafoto 2.836 siswa (99.44%) dan total siswa yang sudah verifikasi sebanyal 2.836 siswa (100%).

Sedangkan, untuk siswa pendaftar SD sebanyak 3.124 siswa (91.91%) dari total kuota 3.399 siswa, total siswa yang sudah swafoto 3.093 siswa (99.01) dan total pendaftar yang sudah verifikasi 3.091 siswa (99.94%).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Banda Aceh, Sulaiman Bakri menjelaskan menghadapi tahun pelajaran 2023/2024 Pemko Banda Aceh telah menggelar PPDB untuk jenjang TK, SD, SMP, dan Pendidikan Kesetaraan dengan baik.

“Atas perintah Bapak Pj Wali Kota, PPDB dilaksanakan dengan mengedepankan azas objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Tujuannya memberi kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat usia sekolah di Kota Banda Aceh untuk memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas,” ungkapnya.

Sulaiman juga mengungkap bahwa PPDB secara daring untuk jenjang SD dan SMP di Kota Banda Aceh dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7978/A5/HK.04.01/2023.

Sulaiman kembali menghimbau kepada orangtua siswa jika masih terdapat anaknya tidak dapat mengakses PPDB secara online karena berbagai hal, silahkan melapor ke Posko PPDB di Disdikbud Banda Aceh. Nantinya, orangtua siswa akan difasilitasi salah satunya ke sekolah tujuan jika masih terdapat kuota tersisa.

“Insha Allah, komitmen kita tetap mengutamakan pada siswa khususnya warga Banda Aceh tetap mendapatkan akses pendidikan dengan baik. Ini juga komitmen yang kuat dari Pak Pj Wali Kota ke jajaran Disdikbud Kota Banda Aceh,” tegasnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER