Sabtu, Juli 13, 2024
Google search engine
BerandaAcehPolda Siap Amankan PON dan Pilkada di Aceh

Polda Siap Amankan PON dan Pilkada di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) — Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko mengatakan, pihaknya siap mendukung program pemerintah baik secara nasional maupun daerah. Event terdekat yang akan dihelat adalah PON XXI dan Pilkada serentak 2024.

“Kita akan melihat keadaan secara nasional terkait PON dan Pilkada. Kemudian, dalam pelaksanaannya, kepala daerah nantinya juga akan berkoordinasi ke pusat atau nasional. Intinya Polda Aceh siap mendukung keamanan dalam setiap event dan program pemerintah,” kata Achmad Kartiko, usai menerima audiensi Redaksi TVRI Stasiun Aceh, Jumat (21/6/2024).

Achmad Kartiko juga menyampaikan, khusus perhelatan PON, pihaknya telah berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, panitia PON Aceh-Sumut, dan KONI. Baik itu terkait dukungan pengamanan mulai dari acara pembukaan, penempatan atlet dan official, perjalanan para official ke tempat pertandingan, hingga dengan selesai pertandingan.

Nantinya, kata Kapolda, juga ada Karo Ops yang akan berkoordinasi dengan pihak Pam dalam penyelenggaraan PON. Kemudian, untuk Pilkada, pihaknya sudah melakukan pemetaan terkait potensi kerawanan yang ada pada tiap kabupaten/kota.

“Kita juga akan buat indeks kerawanan yang ada di Aceh ini. Nanti dari dasar itu, kita terbitkan pemetaan untuk jenis ancamannya apa. Baru kita susun rencana pengamanan untuk mengantisipasi ancaman itu, baik pada perhelatan PON maupun Pilkada serentak,” tambahnya.

Di samping itu, terkait audiensi pihak redaksi TVRI Stasiun Aceh, Kapolda Aceh sangat mendukung TVRI dikarenakan sudah ada 24 pemancar yang memancarkan broadcast atau siaran di kabupaten/kota.

“Kita (Polda Aceh) siap mengedukasi masyarakat dan memberikan informasi tentang situasi kamtibmas yang ada di Aceh jelang PON dan Pilkada melalui TVRI,” sebutnya.

Intinya, pihaknya menjamin bahwa situasi di Aceh selalu aman, sejuk, dan damai. Pihaknya juga sudah siap menyambut perhelatan atau event tingkat nasional ini. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER