Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaGaya HidupPlt Kadis Pariwisata: Ayo ke Sabang Naik Pesawat, 15 Menit Sampai

Plt Kadis Pariwisata: Ayo ke Sabang Naik Pesawat, 15 Menit Sampai

Sabang (Waspada Aceh) – Sabang memang sudah menjadi primadona bagi maniak travelling, mungkin karena letaknya strategis di paling ujung Pulau Sumatra berbatasan dengan beberapa negara.

Di Sabang juga terdapat sebuah Tugu Kilometer Nol yang dijadikan sebagai ikon pariwisata kota wisata ini. Kini destinasi wisata Sabang yang sudah mendunia, semakin mudah pula diakses.

Selain tersedia transportasi laut yang lancar, kini Sabang bisa diakses melalui transportasi udara dengan menggunakan pesawat perintis Susi Air. Dengan harga tiket terjangkau, bertamasya ke pulau ujung barat Indonesia ini menjadi semakin asyik.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Syamsurizal, S.Pd mengatakan, Jumat (03/04/24), kini wisatawan ke Sabang dapat menggunakan pesawat perintis yang melayani penerbangan sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni Selasa dan Jumat.

Jadwal keberangkatan dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Maimun Saleh, Sabang,  sekitar pukul 10.40 WIB. Dengan jarak tempuh sekitar 15 menit, wisatawan akan mendarat di Sabang pukul 10.55 WIB. Harga tiket dari Banda Aceh ke Sabang juga cukup terjangkau, Rp220.430/orang.

Plt. Kadis Pariwisata Sabang, Syamsurizal, S.Pd. (foto/ist)

Sementara di hari yang sama atau Selasa dan Jumat, jadwal penerbangan dari Bandara Maimun Saleh Sabang ke Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar pukul 11.05 WIB dan diperkirakan tiba pukul 11.20 WIB. Harga tiket dari Sabang lebih murah yakni Rp132.160/orang.

Harga tiket pesawat dari Sabang tergolong murah hanya selisih sekitar Rp32.000 dibandingkan kapal feri cepat. Wisatawan yang menggunakan pesawat dapat melihat wilayah Aceh dari ketinggian.

Syamsurizal berharap dengan dibukanya rute penerbangan dari Banda Aceh ke Sabang menjadi alternatif baru bagi wisatawan yang hendak berlibur ke kilometer nol Indonesia. Wisatawan saat ini punya dua pilihan, berangkat menggunakan kapal laut atau pesawat terbang.

“Kita juga berharap wisatawan dapat menggunakan moda transportasi pesawat untuk berlibur ke Sabang. Selain waktu perjalanan lebih singkat, juga untuk menghindari penumpukan penumpang di pelabuhan,” katanya lagi.

Menurutnya, berwisata menggunakan pesawat ke Sabang menjadi pengalaman baru bagi wisatawan. Karena wisatawan dapat melihat keindahan alam Aceh dari ketinggian. Selain itu, harga tiket yang ditawarkan maskapai juga masih terjangkau.

“Bagi wisatawan, selamat berkunjung dan menikmati berlibur ke Sabang, yang terkenal dengan wisata bahari, sejarah dan kulinernya. Sabang terbuka untuk wisatawan nusantara dan mancanegara,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kota Sabang, jumlah wisatawan yang memasuki daerah itu selama periode 1-13 April sebanyak 17.922 orang. Sementara penumpang yang berangkat dari Sabang ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh sebanyak 16.511 orang. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER