Senin, Maret 4, 2024
Google search engine
BerandaAcehPj Bupati Aceh Jaya Letak Batu Pertama Pembagunan PKS Bundesma

Pj Bupati Aceh Jaya Letak Batu Pertama Pembagunan PKS Bundesma

Calang (Waspada Aceh) – Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin meletakkan batu pertama pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Aceh Jaya di Gampong Patek, Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten setempat, Senin (26/6/2023).

“Pembangunan PKS ini di lahan seluas 4 hektare menggunakan anggaran penyertaan modal dari 172 desa, dengan total anggaran 19,6 miliar,” ujar Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin di Calang

Nurdin menjelaskan, untuk menambahkan biaya operasional dan menutupi kekurangan dari modal yang dimiliki, Bumdesma Aceh Jaya juga akan mengunakan anggaran dari perbankan

“Kami berharap, hadirnya Bumdesma Aceh Jaya bisa menjadi holding kedepan. Kita menargetkan pembangunan PKS dari penyertaan modal dana desa ini rampung dalam kurun waktu 14 bulan,” ujar Pj Bupati Nurdin.

Dia berharap PKS milik Bumdesna Aceh Jaya ini bisa membuka lapangan kerja baru dan membeli TBS masyarakat sekitar.

Pj Bupati mengungkapkan, dampak positif adanya Bumdesna bisa menampung tenaga kerja di PKS maupun lapangan kerja ikutan.

Nurdin menerangkan, PKS ini dibangun dengan kapasitas 15 ton. Setelah operasi, akan diupgrade sampai 30 ton sehingga perputaran ekonomi bisa menjadi lebih baik, serta penyerapan tenaga kerja menjadi lebih banyak.

“Selain PKS, Bumfesma juga sedang menyiapkan beberapa bisnis lain, yaitu air minum dalam kemasan, pengembangan lembaga keuangan mikro syariah, pengiriman biomas, pendirian SPBU dan toko modern,” ujarnya.

“Beberapa usaha ini diharapkan menjadi lokomotif ekonomi bagi Aceh Jaya,” pungkasnya

Direktur Bumfesma Aceh Jaya, Linda Winarmi menyampaikan, pembangunan PKS itu mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Persiapan peletakan batu pertama didukung oleh masyarakat Patek. Terutama anak-anak muda sangat antusias dengan adanya pabrik yang didirikan sehingga mareka bisa bekerja di sini,” ujarnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments