Selasa, Mei 28, 2024
Google search engine
BerandaNasionalPertamina Perkirakan Konsumsi BBM Naik 29% Selama Mudik Lebaran

Pertamina Perkirakan Konsumsi BBM Naik 29% Selama Mudik Lebaran

Jakarta (Waspada Aceh) – PT Pertamina (Persero) memperkirakan konsumsi BBM akan mengalami kenaikan secara nasional 29 persen. Kenaikan itu akan terjadi sejak 29 – 30 April 2022 saat arus mudik mulai berjalan terutama gasolin (bensin).

“Terutama bensin. Kalau solar justru menurun, karena mulai H-5 sudah tidak boleh beroperasi di jalan tol kecuali bus,” tutur Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dalam siaran persnya kepada wartawan seperti dilansir dari Antara, Jumat (22/4/2022).

Sementara untuk saat ini, Nicke mengklaim stok bensin dan solar masih cukup untuk kebutuhan 23 hari ke depan. Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, BUMN migas nasional menyiagakan 283 kapal angkut BBM.

Untuk kebutuhan ritel, Pertamina menyiapkan motor alias layanan penyediaan BBM antar di sepanjang jalan tol di Sumatera dan Jawa. Caranya, masyarakat yang membutuhkan tinggal mengontak call center 135 dan memberitahu lokasinya.

Selain itu, BUMN migas itu juga memastikan pasokan BBM ke SPBU modular atau Pertashop di sejumlah rest area. “Kita sudah tambah dispenser-dispenser, Pertashop-Pertashop, sehingga sekarang semua rest area ada SPBU-nya,” tuturnya.

Secara total, Menteri ESDM Arifin Tasrif memperkirakan kebutuhan BBM akan naik 10-14 persen pada mudik Lebaran 2022 dibandingkan konsumsi harian. Pemerintah meminta Pertamina fokus menyediakan stok BBM jenis Pertalite dan Biosolar.

Sebab, ia memperkirakan konsumsi BBM jenis lain justru turun saat mudik. Hal ini karena operasional kendaraan industri dan truk berhenti mulai 27 April 2022. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER