Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaPemerintah Aceh Latih Guru SMK di Korea Selatan

Pemerintah Aceh Latih Guru SMK di Korea Selatan

Seoul (Waspada Aceh) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh, melatih guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui program pemagangan di Korea Selatan. Para guru tersebut diantar langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pada Senin (30/10/2018).

Selain mengantar para guru itu, kunjungan Nova ke Korea memenuhi undangan dari Korea Oversea Voluntreen Association (KOVA) yang saat ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh dalam bidang pendidikan terutama pelatihan guru-guru SMK, kata Kadis Pendidikan Aceh, Saridin, kepada wartawan, Senin.

Plt. Gubenur, selain didampingi Kepala Dinas Pendidikan Aceh, juga didampingi Kabid Pembinaan SMK Aceh serta 6 kepala sekolah dan 12 orang guru. Pemberangkatan dari Indonesia ke Korea dan seluruh biaya pelatihan ditanggung oleh Pemerintah Korea melalui KOVA, lanjut Saridin.

Tiba di Korea Selatan, Nova bersama rombongan disambut oleh Direktur KOVA Cabang Gyeonggi-do, Mister Thomas. Selanjutnya rombongan menuju ke Kedutaan Republik Indonesia di Seoul untuk melakukan pertemuan dengan Wakil Kedutaan RI di Seoul, Siti Sofia Sudarma.

Dalam pertemuan tersebut, Siti Sofia menyampaikan apresiasi langkah kerjasama yang dilakukan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh dengan KOVA. Kerjasama tersebut diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Sementara itu, Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, Pemerintah Aceh saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk memanjukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh.

“Aceh sedang menapaki anak tangga demi anak tangga agar pendidikan Aceh mampu sejajar dengan provinsi lain di Pulau Jawa,” kata Nova.

Program Nawacita Presiden Jokowi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, kata Nova, telah masuk dalam salah satu misi Pemerintah Aceh, yaitu Aceh caroeng. Misi ini kemudian dituangkan ke dalam program unggulan pendidikan salah satu magang dan pelatihan guru SMK ke luar negeri, yaitu ke Korea Selatan.

Nova bersama rombongan juga melakukan kunjungan ke pusat koperasi pasar ikan terbesar di Korea Selatan untuk melihat sistem sirkulasi distribusi ikan tangkapan nelayan, mulai dari proses penyimpanan di lemari pendingin hingga proses pengolahan dan pemasaran.

Plt. Gubernur Aceh dikabarkan juga akan melakukan beberapa kunjungan dan pertemuan lainya, diantaranya dengan Dewan Rakyat Provinsi Gyeonggi-do dan kemudian mengikuti acara pembukaan pelatihan dan pemagangan guru SMK di SMK Chung An, Gyenggi-do, Korea Selatan. (Ria)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER